Ayam merupakan salah satu sumber protein yang jadi favorit oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini beberapa masakan ayam khas nusantara yang terkenal.

Bahan yang paling mudah diolah untuk menu sehari-hari adalah ayam. Kebanyakan ayam hanya digoreng saja, selain proses memasaknya cepat, bumbu yang digunakan pun tidak banyak. Tetapi, bila ENDEUSiast bosan dengan resep masakan ayam yang itu-itu saja, maka cobalah untuk berkreasi menjadi masakan ayam khas nusantara lainnya. Bila ENDEUSiast bingung, mungkin beberapa referensi dibawah ini bisa dijadikan pertimbangan untuk mengolah ayam dengan cara yang berbeda.

1/ Ayam Bakar Bumbu Rujak

Mengolah ayam menjadi hidangan ayam bakar bukanlah hal yang spesial. Tetapi bila ENDEUSiast menggunakan bumbu yang berbeda tentu akan menjadi hidangan yang spesial. Salah satunya adalah bumbu rujak. Bumbu yang satu ini tidak hanya digunakan pelengkap buah-buahan saja, namun bisa ENDEUSiast olah untuk bumbu ayam bakar.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu rujak diantaranya adalah cabai merah, terasi, air asam jawa, santan, gula merah, garam, penyedap rasa dan daun jeruk. Haluskan semua bumbu tersebut lalu lumuri pada ayam yang hendak dipanggang. Kreasi ayam bakar lainnya yang bisa ENDEUSiast tiru adalah ayam bakar saus barbeque .

2/ Ayam Geprek Lada Hitam

Masakan ayam geprek sudah tidak asing bagi masyarakat kita. Banyak sekali rumah makan yang menyediakan menu utama ayam geprek. Hidangan yang satu ini terbilang unik karena ayam yang telah digoreng krispi akan digeprek lalu dituangkan aneka macam sambal sesuai selera. Sangat pas dihidangkan bersama dengan sepiring nasi hangat.

Nah, ENDEUSiast yang ingin mencoba sensasi ayam geprek yang berbeda maka cobalah menggunakan lada hitam. Sambal dan lada hitam sama-sama memberikan rasa pedas tetapi sensasi dan kelezatannya tentu berbeda. Bahan yang harus ENDEUSiast siapkan untuk membuat bumbu lada hitam diantaranya saus tiram, lada hitam, kecap, bawang putih, bawang bombay dan air. Nantinya, ayam yang sudah digoreng krispi dituangkan bumbu lada hitam dan makanan pun siap disajikan.

3/ Ayam Goreng Kremes

Ingin mengolah ayam dengan cara yang praktis tanpa harus menggunakan banyak bumbu? Maka buatlah kreasi ayam goreng kremes. Untuk membuat kremesan ayam goreng, siapkanlah air sisa rebusan ayam, tepung beras, tepung sagu, kuning telur dan baking powder. Goreng adonan kremes hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Lebih enak lagi bila ditambah lalapan dan sambal. Hidangan yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai bekal anak pada saat piknik.

Itulah beberapa varian masakan ayam khas nusantara yang terkenal, ENDEUSiast tinggal pilih dan buatlah untuk sajian rumahan bersama keluarga.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.