Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Selain dibuat sate, berikut ini beberapa makanan serba kambing yang tidak kalah lezat.

Makanan dengan bahan kambing adalah salah satu variasi kuliner yang cukup populer di Indonesia. Makanan olahan kambing yang paling umum adalah sate kambing. Selain sate, makanan olahan kambing sangatlah beragam.

Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dan beberapa diantaranya menjadi populer di Indonesia. Berikut ini beberapa makanan olahan serba kambing yang populer di Indonesia. Berikut beberapa hidangan kambing yangn populer di Indonesia.

1/ Tongseng

Tongseng adalah salah satu makanan olahan kambing yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan sekitarnya. Makanan yang satu ini menggunakan tetelan daging kambing dengan kuah yang seperti kari namun sedikit encer. Tengkleng ini dimasak dengan kol, tomat, dan potongan cabai. Satu hal yang unik dari tongseng ini adalah penggunaan kecap sehingga warnanya sedikit coklat dan rasanya yang manis gurih.

2/ Gulai Kambing

Makanan olahan kambing yang juga sangat populer di Indonesia adalah gulai kambing. Gulai kambing sendiri mempunyai banyak variasi tergantung dengan asal daerahnya. Namun secara umum, gulai kambing menggunakan tetelan dan jerohan kambing yang dimasak dengan kuah santan kuning. Ciri khas gulai kambing ini adalah aroma rempahnya yang kuat dan rasanya yang gurih dari santan. Ada beberapa orang yang lebih menyukai kuah gulai yang encer dan tidak terlalu kental namun ada juga yang menyukai kuah gulai yang kental.

3/ Nasi Goreng Kambing

Biasanya nasi goreng dibuat dengan daging ayam ataupun seafood, namun nasi goreng kambing adalah salah satu olahan kambing yang tidak kalah lezat. Makanan yang satu ini banyak ditemukan di restoran atau warung yang menyajikan berbagai olahan kambing. ENDEUSiast bisa membuat nasi goreng ini dengan mudah karena hanya menggunakan daging kambing dan nasi saja. ENDEUSiast bisa menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang mirip dengan gulai agar aroma prengus atau tak sedap pada kambing tidak terasa.

4/ Tengkleng

Tengkleng adalah salah satu makanan olahan kambing yang populer di Solo dan sekitarnya. Sekilas tengkleng ini mirip dengan tongseng namun biasanya tongseng lebih banyak menggunakan bagian tulang kambing utamanya tulang iga. Selain itu, citarasa tengkleng cenderung lebih manis dan tidak terlalu pedas dibanding dengan tongseng.

5/ Kagape Kambing

Kagape kambing adalah salah satu makanan olahan kambing yang berasal dari Jepara. Kuliner yang satu ini lebih banyak dijumpai ketika Hari Raya Idul Adha. Sekilas, kagape kambing ini mirip dengan kari karena kuahnya berwarna merah dan menggunakan kuah santan. Perbedaannya adalah kagape kambing ini menggunakan air asam jawa sehingga rasanya segar. Selain itu, makanan yang satu ini juga menggunakan berbagai macam rempah-rempah dan membuat aroma kagape ini sedap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.