Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Makanan pencuci mulut ada banyak ragamnya. Uniknya, beberapa makanan penutup ternyata bisa dibuat dari bahan yang tidak biasa, seperti tempe.

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah. Tempe memiliki umur yang sudah lama karena sudah ada sejak zaman penjajahan Beanda. Tempe merupakan fermentasi dari biji kedelai. Tempe memilki kandungan protein nabati yang tinggi. Tempe sering diolah menjadi berbagai makanan dan sering digunakan untuk menjadi lauk pauk atau sayuran. Beberapa orang mengkonsumsi tempe sebagai ganti daging.

Saat ini sudah banyak inovasi yang dilakukan pada tempe. Tempe tidak hanya diolah menjadi tempe goreng saja, namun juga diolah menjadi berbagai makan yang unik misalnya seblak tempe keju , sate tempe dan makanan pencuci mulut. Makanan pencuci mulut biasanya identik dengan rasa manis. Tempe yang diolah menjadi makanan pencuci mulut juga akan memberikan cita rasa yang manis. Apakah ENDEUSiast penasaran? Berikut ini merupakan makanan pencuci mulut dari bahan dasar tempe yang bisa ENDEUSiast coba makan atau buat.

1. Es Krim

Salah satu makanan pencuci mulut yang paling banyak dicari adalah es krim. Kini ENDEUSiast bisa membuat es krim dengan bahan dasar tempe. Mungkin ENDEUSiast akan berfikir bahwa tempe tidak cocok untuk dijadikan es krim. Jangan salah karena es krim tempe memiliki rasa yang tidak kalah dengan es krim pada umumnya. Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang mencetuskan ide membuat es krim menggunakan bahan baku tempe pada tahun 2006. Selain digunakan untuk campuran adonan es krim, tempe juga bisa digunakan untuk topping is krim sehingga terlihat menarik dan lebih enak.

2. Cokelat

Cokelat adalah makanan yang digemari oleh berbagai masyarakat di semua usia. Baik anak-anak sampai orang dewasa menyukai cokelat. Rasanya yang manis membuat coklat sering dijadikan hadiah kepada kekasih pada saat hari kasih sayang. Tingginya peminat cokelat membuat berbagai orang memberikan hal-hal yang baru pada cokelat sehingga menarik pembeli.

Saat ini telah ada inovasi cokelat tempe. Cokelat tempe pertama kali ditemukan oleh industri rumahan di Malang, Jawa Timur pada 2011. Mereka berusaha memadukan renyah nya tempe yang dilapisi dengan lembutnya cokelat. Saat ini ENDEUSiast bisa memilih cokelat tempe sebagai oleh-oleh jika sedang berkunjung ke Malang.

3. Brownies

Brownies merupakan kue yang memiliki cita rasa yang enak. Biasanya kue brownies dibuat dengan cara di kukus. Saat ini sudah banyak inovasi dilakukan pada kue brownie salah satunya brownies tempe. Brownies tempe dibuat dari bahan baku tepung tempe. Tepe juga bisa digunakan untuk topping brownies sehingga selain kelembutan brownies kita bisa merasakan tempe yang renyah.

4. Puding

Puding tempe sebenarnya tidak jauh berbeda dengan puding biasanya. Cara membuat puding tempe cukup mudah yaitu tempe dikukus lalu dihaluskan dan dicampurkan ke adonan puding. Tekstur tempe yang lembut akan sangat cocok jika dijadikan puding.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.