Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Swedia punya makanan khas yang unik dan lezat. ENDEUSiast ingin tahu apa saja ya? Yuk, intip.

Makanan Eropa tidak hanya pasta , steak atau burger saja lho. Masih banyak makanan Eropa lain yang perlu ENDEUSiast ketahui. Salah satunya makanan khas dari Swedia. Negara ini juga punya sederet kuliner unik dan lezat yang dijamin mampu menggoyang lidah. Berikut ini makanan khas Swedia yang lezat dan patut ENDEUSiast coba.

1/ Gravlax

Hidangan ini merupakan salah satu hidangan seafood khas Swedia yang terbuat dari bahan ikan salmon. Ikan salmon yang disajikan di sini adalah ikan salmon mentah dengan tambahan bumbu seperti garam, gula dan beberapa rempah khas Swedia lainnya. Jangan bayangkan hidangan mentah seperti sushi ya, karena meski mentah namun ikan salmon untuk membuat gravlax diproses dengan sedemikian rupa.

Gravlax dibuat dengan cara dimarinasi, yakni disimpan dalam kulkas selama 1-3 hari hingga bumbu-bumbu meresap sempurna pada ikan salmon. Hidangan ini biasa disajikan dengan tambahan kentang rebus.

2/ Crayfish

Crayfish merupakan salah satu jenis udang karang yang populer di Swedia. Crayfish biisa disajikan dengan berbagai cara. Crayfish kerap dibuat sup ataupun direbus dan disajikan dengan utuh di atas meja. Biasanya Crayfish banyak ditemukan di bulan Agustus karena pada bulan ini adalah musim crayfish.

3/ Räkmacka

Räkmacka merupakan salah satu hidangan makan siang Swedia yang terbuat dari udang. Bentuknya seperti sandwich dengan isian udang segar di dalamnya. Tentu saja disajikan dengan pelengkap seperti selada, tomat, mayonnaise, lemon dan telur rebus. Cita rasanya yang unik akan menggoyang lidahmu.

4/ Kåldolmar

Kåldolmar merupakan hidangan yang terbuat dari daging yang dimasak dalam gulungan daun kol. Kåldolmar disajikan dengan irisan timun acar, kentang tumbuk dan juga lingonberries. Bumbu khas Swedia dalam masakan ini membuat cita rasa Kåldolmar terasa lezat. ENDEUSiast yang menyukai hidangan daging, wajib mencoba menu yang satu ini.

5/ Isterband

Isterband paling terkenal di daerah Smalang, sebuah wilayah yang terletak di selatan Swedia. Di daerah ini, Isterband memiliki cita rasa yang paling enak. Isterband merupakan sosis yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Biasanya disajikan dengan rebusan kentang, acar bit ditambah dengan mustard pedas dan manis.

6/ Renskavsgryta

Masakan ini merupakan sup yang terbuat dari daging rusa kering. Daging rusa ini digoreng dengan menggunakan mentega, kemudian ditambahkan buah juniper untuk menambah cita rasa. Masakan ini merupakan salah satu sup dari kawasan Swedia Utara yang bercuaca dingin. Tentunya Renskavsgryta paling enak dinikmati dalam keadaan panas.

Sudah tahu kan apa saja makanan khas Swedia yang dapat menggoyang lidahmu. Jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan di atas jika ENDEUSiast berkunjung ke negara ini ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.