Makanan Jawa banyak digemari termasuk orang dari luar Jawa. Berikut ini beberapa makanan dari Jawa Timur yang akan membuat ENDEUSiast ketagihan.

Bagi pecinta kuliner, masakan Jawa khususnya Jawa Timur tidak boleh terlewatkan. Meskipun termasuk dalam bagian kuliner Jawa, namun masakan Jawa Timur mempunyai karakteristik yang unik dan berbeda dengan daerah Jawa yang lain. Ada beberapa penggunaan bahan-bahan yang unik seperti petis dan terasi yang umum ditemukan dalam masakan Jawa Timur.

Bila ENDEUSiast ingin berlibur ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan khas Jawa Timur yang dijamin akan membuat ENDEUSiast ketagihan.

1/ Lontong Balap

Lontong balap adalah salah satu kuliner yang berasal dari Surabaya. Asal nama lontong balap ini adalah dahulu penjual makanan ini berebut untuk mendapatkan tempat berjualan di jalan maupun pasar. Sehingga kemudian makanan ini dinamakan sebagai lontong balap. Lontong balap ini adalah makanan yang terdiri dari irisan lontong, tahu goreng, lentho, kecambah setengah matang, dan disiram dengan kuah panas. Tidak ketinggalan sambal petis dan sate kerang sebagai pelengkapnya.

2/ Lontong Kupang

Masih dengan makanan berbahan lontong, makanan yang satu ini khas dari daerah Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya. Kupang adalah hewan laut, sejenis kerang dengan ukuran yang kecil. Kupang ini dimasak dengan kuah lalu disiram di atas potongan lontong dan diberi sambal petis dan sate kerang sebagai pelengkapnya. Rasanya yang gurih khas makanan laut, hampir mirip seperti kerang, namun tidak berbau amis.

3/ Sego Tempong

Beralih ke Banyuwangi, nasi tempong adalah salah satu makanan yang khas di daerah tersebut. Sego atau nasi tempong adalah makanan yang terdiri dari nasi, sayuran rebus, tahu goreng, tempe goreng, dadar jagung, dan ikan asin. Yang khas dari nasi tempong ini adalah sambel mentah yang super pedas. Karena pedasnya sambel sehingga nasi ini dinamakan nasi tempong karena setelah makan akan terasa di ‘tempong’ atau ditampar.

4/ Rujak Soto

Masih dari Banyuwangi, makanan yang juga menjadi salah satu khas kota ini adalah rujak soto. Seperti namanya, rujak soto adalah perpaduan dari rujak dan soto . Biasanya yang pertama disajikan adalah rujak ulek kemudian disiram dengan kuah soto dan dagingnya. Rasa rujak soto ini sendiri sangat khas karena perpaduan petis dan juga rempah-rempah dari kuah soto.

5/ Nasi Becek

Di Nganjuk ada satu makanan khas yang sayang banget untuk dilewatkan, yaitu nasi becek. Dalam bahasa Jawa, makanan ini disebut dengan sego becek yang terdiri dari gulai kambing atau kare kambing khas wilayah Mataraman. Namun yang unik dari nasi becek ini adalah nasi disajikan bersama dengan potongan sate kambing yang sudah dilucuti dari tusuknya.

Wah, kelihatan enak semua ya? Yuk, cari tahu juga kuliner khas Cirebon di sini .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.