Makanan Indonesia sangatlah beragam dari Sabang hingga Merauke. Berikut ini beberapa contoh makanan Indonesia yang cocok untuk bekal.

Makanan yang umum dibawa untuk bekal adalah sandwich, nasi goreng, mie goreng, dan sejenisnya. Mungkin ENDEUSiast sudah bosan dengan makanan bekal yang itu-itu saja. Padahal ada banyak jenis makanan nusantara yang bisa dijadikan bekal karena dimasak dalam waktu yang lama dan tidak mudah basi. Bahkan ada beberapa makanan yang bisa tahan hingga berminggu-minggu dan bisa dibawa untuk perjalanan jauh. Berikut ini beberapa makanan khas nusantara yang tidak hanya lezat namun juga tahan lama dan cocok untuk bekal.

1/ Rendang

Siapa yang tidak kenal dengan rendang? Makanan yang dinobatkan sebagai salah satu makanan paling lezat di dunia ini memang cocok untuk dijadikan sebagai bekal. Tekstur rendang yang kering dan dimasak dalam waktu yang lama membuat rendang ini menjadi salah satu makanan yang tidak mudah basi. Sehingga rendang cocok dijadikan menu bekal untuk piknik bahkan untuk perjalanan jauh sekalipun. Beberapa orang bahkan mengirim rendang kepada keluarga yang jauh agar bisa tetap menikmati makanan lezat ini.

2/ Abon

Abon terbuat dari daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging ayam dan ikan. Abon ini mempunyai tekstur yang kering dan berbentuk serat-serat karena pengolahan yang sedemikian rupa. Sehingga abon ini mempunyai rasa yang gurih dan tahan lama hingga berbulan-bulan. Abon ini cocok untuk dijadikan menu bekal dengan nasi dan lauk lain dan ENDEUSiast tidak perlu khawatir bila abon menjadi basi.

3/ Kering Tempe

Kering tempe adalah salah satu makanan yang populer untuk menu bekal. Makanan ini bisa dinikmati siapa saja termasuk mereka yang vegetarian. Kering tempe ini cocok untuk menu bekal karena teksturnya yang kering. Sebelum dibumbui, tempe sudah digoreng dengan kering. Sehingga kering tempe bisa awet terlebih bila disimpang dengan benar. Makanan ini mempunyai rasa yang gurih dan manis, sangat lezat disantap dengan nasi.

4/ Kering Kentang

Selain kering tempe, kering kentang juga menjadi salah satu makanan yang cocok untuk bekal liburan. Proses pembuatan kering kentang hampir mirip dengan kering tempe hanya saja bahan utama yang digunakan adalah kentang. Namun rasa kering kentang ini lebih renyah daripada kering tempe karena diiris tipis sebelum digoreng.

5/ Sambal dan Kerupuk

Meskipun hanya sambal dan kerupuk, nyatanya banyak orang yang merasa kurang lengkap bila makan tanpa dua makanan tersebut. Sambal adalah salah satu makanan yang bisa awet dalam waktu yang lama tergantung dengan proses pemasakannya. ENDEUSiast bisa membawa sambal sebagai bekal yang dikemas dalam botol dan juga membawa kerupuk dalam plastik yang kedap udara.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.