Makanan dengan Rasa Umami Alami Pengganti MSG
Makanan dengan Rasa Umami Alami Pengganti MSG

Menggunakan bahan makanan ini, maka tidak perlu lagi menggunakan MSG.

Bahan makanan dengan rasa gurih atau umami alami dapat menambah lezat masakan. Menggunakan bahan makanan ini, maka tidak perlu lagi menggunakan MSG.

Rasa pada masakan yang kita kenali adalah manis, asam, asin, dan pahit. Selain itu ada satu rasa lagi yang juga banyak disukai oleh orang yaitu rasa umami atau gurih. Rasa umami ini biasanya didapat dari MSG. Sebenarnya, rasa umami ini mirip dengan rasa daging, yaitu gurih dan agak asin.

Rasa umami ini muncul dari asam amino dari olahan nabati dan hewani. Karena penggunaan MSG sudah banyak dikurangi, ENDEUSiast bisa menggantinya dengan beberapa makanan alami berikut ini.

1/ Rumput Laut

Rumput laut adalah salah satu sumber umami alami yang sangat kaya. Makanan yang satu ini biasanya digunakan untuk masakan Jepang dan Korea. Kalau di Jepang, rumput laut yang digunakan untuk sup adalah konbu atau dashima di Korea.

Sedangkan rumput laut untuk masakan yang lain adalah nori atau gim di Korea. Rumput laut jenis konbu atau dashima mengandung antioksidan dan asam glutamat sehingga bisa memberikan rasa umami pengganti MSG.

2/ Seafood

Hampir mirip dengan rumput laut, seafood juga mengandung asam glutamat dan inosinat. Dua kandungan ini menguatkan satu sama lain dan memberikan rasa umami pada makanan. Beberapa jenis seafood yang mengandung rasa umami paling banyak adalah ikan bonito, ikan teri, udang, tuna, dan salmon.

3/ Olahan Kedelai

Kedelai adalah salah satu biji-bijian yang banyak digunakan untuk makanan di Asia. Ternyata kedelai dan olahannya mengandung asam glutamate yang membuat makanan menjadi lebih lezat. Beberapa olahan kedelai yang bisa ENDEUSiast gunakan untuk pengganti MSG adalah miso, doenjang, kecap asin, natto, kecap, dan bahkan tempe.

4/ Tomat

Selain rumput laut, tomat juga merupakan salah satu sumber umami yang paling besar. Tomat mengandung asam glutamate yang akan meningkat bila buah dimasak sempurna. Selain rasa umami, tomat yang dikeringkan juga akan menghasilkan rasa yang unik karena sudah melalui proses pengeringan. Baik dikonsumsi secara langsung maupun dimasak, tomat mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

5/ Jamur

Jamur juga merupakan salah satu sumber asam glutamat yang alami. Hal ini karena jamur mempunyai rasa meaty yang lezat. Beberapa jenis jamur yang mempunyai rasa umami adalah jenis jamur shiitake, truffle, enoki, dan juga jamur kering. Karena jamur mempunyai rasa umami, makanan yang satu ini juga banyak digunakan sebagai bahan kaldu lho.

6/ Daging

Semua jenis daging mengandung rasa umami yaitu asam glutamat dalam jumlah yang banyak. Asam glutamat ini biasanya digunakan sebagai penanda adanya protein dalam suatu makanan. ENDEUSiast bisa mengkonsumsi daging rendah lemak agar bisa mendapatkan rasa umami.

Endeustorial

Ikuti Instagram