Yuk, simak lima makanan buka puasa yang identik dengan pulau tempat asal Karapan Sapi ini.

Siapapun setuju, aneka makanan buka puasa khas Nusantara memang seolah tak ada habisnya. Beragam menu dengan resep citarasa dan kearifan lokal tersaji ketika Ramadhan tiba.

Ketika Indonesia diserbu makanan khas negeri asing, sajian tradisional justru memiliki tempat teristimewa di hati. Berbagai kalangan, tua maupun muda, memiliki makanan tradisional kesukaan yang mengingatkan pada momen tertentu atau menjadi penawar rindu akan kampung halaman.

Ramadhan biasanya menjadi saat yang tepat untuk bereksplorasi, khususnya dalam hal kuliner. Ragam hidangan buka puasa khas Madura adalah salah satu yang tak boleh dilewatkan. Simak lima makanan buka puasa yang identik dengan pulau tempat asal Karapan Sapi ini.

1/ Bongko Mento

Kudapan khas Madura ini terbuat dari daging giling yang dibalut kulit tepung yang menyerupai lumpia basah dengan siraman kuah santan. Isian daging sapi dapat diganti dengan daging ayam, abon, atau campuran wortel dan pepaya muda bagi yang menyukai isian sayur. Perpaduan kuah santan, daging dan kulit tepungnya akan mengakibatkan sensasi kenikmatan tersendiri di dalam mulut.

2/ Bubur Madura

Bubur Madura merupakan makanan khas Madura yang terdiri dari empat macam bubur dalam satu menu. Keempat macam bubur tersebut adalah bubur sumsum, bubur ketan, bubur monte dan jenang grendul. Perpaduan keempat macam bubur ini menjadikan citarasa tersendiri lho. Mau coba resepnya? ENDEUSiast bisa mencobanya di sini .

3/ Nasi Ampog

Menu satu ini serupa dengan nasi jagung. Makanan buka puasa berbahan dasar beras dan jagung pipil ini dilengkapi bermacam-macam lauk, di antaranya ikan asin, pepes, kerupuk dan sayur gudangan, yang merupakan campuran sayuran dengan bumbu kelapa. Santapan berbuka yang sudah tentu harus dicoba untuk menjawab rasa penasaran terhadap citarasa khas Madura.

4/ Nase’ Serpang

Nase’ Serpang berarti nasi setan, tapi bukan berarti menyeramkan. Itu karena Nase’ Serpang dijual kala hari petang hingga menjelang subuh. Menu makanan buka puasa kesukaan masyarakat Madura ini semakin menggoda dengan berbagai macam lauk yang melengkapinya, seperti sambal goreng kerang, telur asin, dendeng sapi, pepes ikan tongkol, keripik paru, kemudian di atasnya ditaburi serundeng dan kerupuk.

5/ Sarikoyo

Kudapan yang mirip dengan kopyor ini terbuat dari roti tawar yang diberi kuah santan, susu, dan dicampur dengan telur. Rasanya mungkin hampir mirip dengan citarasa kolak, namun racikannya membuat Sarikoyo memiliki rasa khas tersendiri. Keunikan rasa makanan yang gurih serta manis ini menjadikannya menu wajib untuk berbuka puasa di Madura, khususnya di daerah Bangkalan.

Apabila sedang berada di Pulau Madura, Ramadan ini merupakan kesempatan emas untuk menjelajahi kenikmatan makanan buka puasa yang digemari penduduk setempat. Selamat berpetualang kuliner di Pulau Karapan Sapi dan mencicipi kekayaan citarasa khas Nusantara.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.