Jajanan pasar menjadi salah satu makanan buka puasa favorit. Simak beberapa jajanan pasar berikut sebagai ide menu buka puasa hari ini.

Selain gorengan, salah satu makanan buka puasa favorit adalah jajan pasar. Makanan yang satu ini biasanya disajikan sebagai takjil atau camilan sebelum makan makanan utama. Banyak orang yang menghabiskan waktu sebelum buka puasa alias ngabuburit dengan berburu jajan pasar di pasar takjil.

Meskipun tampak sederhana, namun jajanan pasar tidak kalah menarik untuk dicomot ketika berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat, jajan pasar juga termasuk jajanan dengan harga murah dan mudah ditemukan. Ada banyak jenis jajan pasar yang biasa dijual di pasa takjil seperti berikut ini.

Klepon

Jajan yang terbuat dari ketan ini mmempunyai tekstur yang kenyal-kenyal empuk dengan isian gula merah yang meleleh di dalamnya. Parutan kelapa yang membalut bagian luarnya memberikan rasa gurih. Pokoknya makan klepon tidak cukup kalau hanya stau biji saja. Intip resep klepon di sini.

Kue apem

Kue yang terbuat dari tepung beras ini juga banyak dicari ketika bulan puasa. Tekstur kue apem yang lembut, aroma santan, dan rasa yang tidak terlalu manis membuat kue in imenjadi idola. Kue apem ini biasanya disajikan dengan alas daun pandan atau pisang yang menambah aroma wangi. Yuk cek resep apem di sini.

Kue lumpur

Jajan pasar yang satu ini sering sekali dijual di pasar takjil pada bulan Ramadan. Rasa yang manis gurih dan tekstur yang lembut menjadikan kue lumpur sebagai salah satu Makanan buka puasa favorit. Kue lumpur ini biasanya disajikan dengan toping kismis, chocochip, atau kelapa muda.

Bika ambon

Salah satu jenis jajan pasar yang teksturnya padat namun menjadi favorit banyak orang adalah bika ambon. Tekstur bika ambon ini kasar, seperti berserat, dengan pori-pori yang besar. Sekilas memang mirip dengan martabak manis namun disajikan tanpa toping. Meski teksturnya berserat, namun ketika dimakan bika ambon terasa kenyal dan lembut di dalam mulut.

Gemblong ketan hitam

Jajajan yang satu ini terbuat dari tepung ketan yang diulen dengan kelapa parut. Kemudian di bentuk menjadi lonjong dan digoreng hingga matang. Satu hal yang unik dari gemblong ini adalah setelah digoreng, kue akan dicelup ke dalam larutan gula. Larutan gula ini akan membentuk lapisan putih dan mengeras ketika sudah dingin. Sehingga ketika dimakan rasanya manis, legit, dan gurih.

Lepet jagung

Lepet jagung adalah salah satu jajanan pasar yang juga menjadi favorit banyak orang. Jajanan ini terbuat dari campuran jagung parut, kelapa parut, ketan yang ditumbuk kasar, santan, gula, garam, dan vanili. Adonan lepet kemudian dibungkus dalam kulit jagung dan dikukus. Setelah matang, lepet jagung ini akan mengeluarkan aroma wangi khas jagung dan santan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.