Kebersihan dan kerapian dapur bersih perlu ENDEUSiast perhatikan, ya. Ikuti tips berikut ini agar ENDEUSiast nggak mager lagi bersihin dapur.

Setelah selesai memasak, kita sering kali malas membereskan peralatan memasak. Namun, mau tidak mau kita harus membereskannya lagi. Dapur yang kotor membuat kita malas memasak lagi. Dapur yang bersih membuat kita nyaman dan betah berlama-lama memasak di sana. Selain itu, dapur yang bersih juga menjamin makanan yang kita buat higienis. Setuju kan?

Kali ini, Endeus.tv akan berbagi tips membersihkan dapur bersihmu. Biar ENDEUSiast nggak malu mengundang orang untuk masuk ke dapur. Simak, ya!

1/ Rawat Peralatan Memasakmu

Lakukan deep clean setidaknya sebulan sekali pada peralatan memasak seperti wajan, panci, dan pisau. Asah pisau agar tetap tajam. Gantilah peralatan yang sudah tidak layak pakai. JJIka ENDEUSiast punya peralatan yang terbuat dari kayu, lapisi saja dengan minyak agar lebih awet.

2/ Permukaan Dapur Harus Bersih

Jangan letakkan banyak perkakas di permukaan dapur. Hal ini akan mempermudah ENDEUSiast membersihkan permukaannya. Perkakas yang terlalu banyak juga membuat dapur berantakan dan mengurangi space untuk menyiapkan makanan.

3/ Sediakan Tong Sampah di Tempat yang Tersembunyi

Tong sampah harus dekat dengan area dapur. Agar tidak mengganggu pemandangan, letakkan di tempat tersembunyi seperti di dalam rak. Gunakan tong sampah yang besar agar tidak cepat penuh. Jika sudah penuh harus langsung dibuang, ya. Jangan sampai sampahmu jatuh dan mengotori dapur. Lebih baik lagi, ENDEUSiast pisahkan tong sampah berdasarkan jenis sampah.

4/ Cuci Peralatan Makan dan Memasak

Cuci peralatan makan dan memasakmu segera setelah digunakan. Jangan biarkan peralatan itu menumpuk di sink. Peralatan kotor dan menumpuk adalah sumber bakteri jahat dan juga jamur. Selain itu, perkakas yang kotor dan tidak segera dicuci menyebabkan bau yang tidak sedap. Tentu ini akan mengganggu aktivitas memasak di dapur.

5/ Lap Area yang Basah

Jika selesai memasak dan makan, segeralah lap area yang basah. Air yang dibiarkan terlalu lama bisa meninggalkan bekas yang akan lebih sulit dibersihkan. ENDEUSiast juga perlu mengeringkan perkakas yang terbuat dari kayu. Pastikan perkakas kering sebelum disimpan agar tidak menimbulkan jamur, ya.

6/ Bersihkan Kulkas

Kulkas sering menjadi barang penyimpanan bahan makanan. ENDEUSiast perlu mengecek bahan makanan yang ada di kulkas apakah masih layak dikonsumsi atau tidak. Jangan membeli terlalu banyak bahan makanan yang nantinya malah tidak ENDEUSiast makan. Selain itu, area atas kulkas harus clear. Jangan taruh barang-barang di atasnya agar terlihat lebih bersih dan rapi.

Nah, itu dia tips dari Endeus.tv untuk menjaga kerapian dan kebersihan dapur bersih di rumahmu. Jika dapur sudah bersih, ENDEUSiast bisa beraktivitas memasak dengan lebih nayaman. Sebagai reward, masaklah makanan yang enak dan lezat. ENDEUSiast bisa cobain resep gurame bumbu rica . Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.