Hidangan bakmi sudah tersebar hingga di seluruh Indonesia. ketika berkunjung ke Sumatera ENDEUSiast akan menemukan beragam sajian sejenis bakmi lezat.

Kuliner mie memang sudah cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah bakmi. Mau diolah menjadi bakmi goreng maupun bakmi rebus, keduanya sama-sama memiliki citra rasa dan kelezatan tersendiri. Membuat siapapun yang mencicipinya pasti akan ketagihan. Nah untuk kali ini kita akan membahas varian sajian sejenis bakmi yang ada di Sumatera. Mungkin ENDEUSiast masih belum mengetahui hidangan mie dari Sumatera, maka dari itu mari simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1/ Mie Celor

Jika dilihat dari tampilannya, sekilas nampak seperti bakmi rebus tetapi sebenarnya ini adalah mie celor. Hidangan mie ini berasal dari Palembang. Untuk membuat mie celor, ENDEUSiast harus mengolah mie dan kuahnya secara terpisah. Kuah dibuat dari bahan utama santan yang diberi tambahan ebi. Jika ingin menyajikannya, baru ENDEUSiast mencampurkan mie dengan kuahnya yang gurih. Bagi ENDEUSiast pecinta makanan seafood harus mencoba sajian mie ini karena isiannya biasanya menggunakan udang. Mie celor menjadi salah satu kuliner kebanggan masyarakat Palembang. Jadi ketika ENDEUSiast berkunjung ke Palembang jangan lupa untuk mencicipi mie celor ya.

2/ Mie Tarempa

Sajian khas nusantara yang satu ini asalnya dari Kepulauan Riau. Bagi ENDEUSiast pecinta pedas tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi mie tarempa. Jika pada mie celor kuah dan mienya diolah secara terpisah maka berbeda dengan mie tarempa yang semua bumbunya diolah secara bersamaan. Keunikan dari mie tarempa adalah terdapat ikan tongkol yang telah dipotong kecil-kecil. Jangan lupa untuk memberikan bawang goreng agar rasanya lebih lezat.

3/ Mie Aceh

Membahas mie nusantara khususnya di Sumatera, rasanya tidak lengkap bila tidak membahas mie aceh. Mie yang satu ini terbilang cukup populer karena hampir setiap daerah di seluruh Indonesia ada warung makan mie aceh. Sama halnya dengan bakmi, pada mie aceh juga terbagi dalam 2 jenis yaitu mie aceh rebus dan mie aceh goreng. tekstur dari mie aceh cenderung tebal dan untuk kuahnya menggunakan kuah kari yang kental serta kaya akan rempah-rempah.

Sebagai pelengkapnya, biasanya pada isian mie aceh diberikan tambahan daging ayam, daging sapi, seafood hingga kepiting, disesuaikan dengan selera ENDEUSiast. Untuk memberikan kesegaran pada mie aceh ini, jangan lupa tambahkan potongan jeruk nipis dan acar. Tertarik untuk membuat mie aceh di rumah? ENDEUSiast bisa melihat resepnya di sini.

Itulah beberapa kreasi sajian mie sejenis bakmi dari pulau Sumatera. Dari ketiga jenis mie tersebut, manakah yang menjadi favoritmu?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.