Salah satu kue favorit Indonesia adalah kue dengan bahan dasar tepung beras. Yang mana kue favorit ENDEUSiast?

Salah satu bahan kue tradisional Indonesia adalah tepung beras. Sebagai salah satu komoditi terbesar di Indonesia, beras tidak hanya dikonsumsi sebagai nasi saja namun juga dalam bentuk tepung. Tepung beras biasanya digunakan untuk campuran kue dan juga dalam masakan tertentu.

Bila digunakan untuk kue, tepung beras memberikan tekstur yang lembut atau meleleh ketika dimakan. Diantara kue tradisional berbahan kue beras ini, adakah yang menjadi favorit ENDEUSiast?

1/ Kue Cucur

Kue cucur adalah salah satu kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Kue ini biasanya disajikan ketika acara hajatan atau selamatan. Satu hal yang unik dari kue cucur adalah teksturnya yang kenyal dan sedikit liat. Hal ini karena kue cucur dibuat dengan cara digoreng sehingga rasanya sedikit berminyak. Bagian pinggir kue cucur kering sedangkan bagian tengahnya yang lebih tebal empuk dan kenyal.

2/ Kue Nagasari

Meskipun sama-sama terbuat dari tepung beras, namun kue nagasari mempunyai tekstur yang sama sekali berbeda dengan kue cucur. Kue nagasari adalah kue yang terbuat dari campuran tepung beras, gula pasir, dan santan dengan isian pisang. Kue ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Proses pengukusan ini membuat tekstur kue nagasari lembut dan lumer dimulut. Kue yang satu ini cocok kalau ENDEUSiast sedang tidak enak badan dan ingin makan sesuatu yang manis dan lembut.

3/ Talam

Serupa dengan kue nagasari, kue talam juga terbuat dari tepung beras dan dibuat dengan cara dikukus. Selain dari tepung beras, kue talam ini juga bisa dibuat dari bahan lain seperti jagung, ubi, dan labu. Kue yang satu ini mempunyai tekstur yang lembut dan sedikit kenyal. Satu hal yang unik dari kue talam adalah kue ini dibuat dengan cetakan berbentuk mangkuk kecil dan biasanya dibuat dengan dua lapisan yang berbeda warna.

4/ Lapis

Kue lapis adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Beberapa orang membuat kue lapis dengan bahan tepung tapioka namun juga dengan campuran tepung beras. Sehingga tekstur kue lapis menjadi tidak terlalu kenyal. Kue lapis ini dibuat dengan cara dikukus secara berlapis sehingga membentuk lapisan warna transparan yang cantik.

5/ Putu Mayang

Meskipun namanya sama-sama putu, namun putu mayang berbeda dengan putu ayu. Putu mayang adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan. Makanan yang satu ini dibuat dengan cetakan menjadi seperti gumpalan mie dan kemudian dikukus hingga matang. Kue putu ini kemudian disajikan dengan saus gula merah dan kuah santan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.