Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Es pisang ijo tak lengkap rasanya jika dikonsumsi tanpa santan. Lalu bagaimana caranya agar santan tidak pecah ketika dimasak?

Es pisang ijo merupakan es yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Pisang akan dibungkus menggunakan adonan dari tepung berwarna hijau. Oleh karena itulah disebut es pisang ijo.

Tak lengkap rasanya menikmati adonan berwarna hijau ini tanpa menggunakan saus yang terbuat dari santan. Saus santan ini membuat rasa es pisang ijo semakin nikmat. Saus santan inilah yang membuat es pisang ijo harus segera dikonsumsi, karena santan cepat sekali bau.

Selain bau, santan juga rentan pecah akibat penggumpalan dan tidak menyatu dengan kuah masakan. Pecahnya santan tentu saja akan membuat tampilan santan tak menarik plus tidak beraroma wangi.

Banyak mitos yang beredar seputar membuat santan agar tak pecah. Salah satunya adalah meletakkan sendok ke dalam masakan saat diaduk. Benarkah? Daripada bingung mitos atau fakta, ikuti saja tips yang sudah terbukti ampuh di bawah ini.

Memasak Menggunakan Api Kecil Sedang

Saat memasak menggunakan santan, gunakan api yang kecil karena api yang terlalu besar hanya akan membuat santan pecah, karena kuah akan mendidih dan meletup hingga membentuk gelembung yang membuat santan pecah. Mengolah santan pun ternyata tidak boleh sembarangan lo. Ada Trik Khusus Mengolah Santan yang wajib diketahui.

Terus Mengaduk

Trik inilah yang sudah terbukti dan banyak dicoba. Beberapa dari ENDEUSiast mungkin tak asing lagi dengan cara yang satu ini. Aduk masakan dengan perlahan dan konsisten terus menerus agar santan tak terpisah dari kuah.

Menambahkan Tepung Beras

Sebelum dimasukkan ke dalam masakan, campur santan terlebih dahulu menggunakan tepung beras hingga rata dan larut. Dengan tambahan tepung beras ini, santan dan kuah akan mampu menyatu sempurna tanpa pecah.

Memasukkan Santan Encer

Ada dua jenis santan yang bisa digunakan untuk membuat aneka masakan, yakni encer dan kental. Untuk membuat kuah santan untuk es pisang ijo, masaklah santan encer dahulu bersama gula jawa atau sirup. Setelah itu barulah bisa ditambahkan santan kental di akhir setelah santan mendidih. Kecilkan api dan jangan lupa tetap diaduk ya.

Menggunakan Santan Instan

Sesuai namanya, santan instan bubuk maupun cair memang benar-benar siap untuk dipakai. Biasanya santan instan ini telah diberi emulsifier yang berguna sebagai penstabil. Dengan santan instan, ENDEUSiast tak perlu khawatir jika kuah es pisang ijo akan pecah, karena santan kental memiliki tekstur dan konsistensi santan yang lebih stabil saat dimasak. Jadi, jangan takut memasak santan ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.