Soto ayam adalah salah satu makanan khas Indonesia dengan banyak variasi. Berikut ini beberapa variasi soto ayam yang wajib dicoba ketika liburan.

Siapa yang tidak kenal dengan soto ayam? Makanan yang satu ini adalah salah satu comfort food yang populer di Indonesia. Selain itu, soto ayam juga mempunyai banyak variasi dan setiap daerah mempunyai soto khas sendiri. Menemukan penjual soto ayam bukan hal yang sulit, dari warung kaki lima hingga mall terdapat penjual soto ayam. Kalau ENDEUSiast sedang berlibur ke berbagai daerah di Indonesia, jangan lupa mencicipi varian soto ayam berikut ini.

1/ Soto Lamongan

Soto ayam lamongan adalah salah satu varian soto yang paling populer di Indonesia. Berasal dari Lamongan, soto ini mempunyai cita rasa gurih yang kuat. Kalau ENDEUSiast berkunjung ke Lamongan, tidak ada salahnya mencicipi soto ayam yang populer ini langsung di daerah asalnya. Sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan soto ayam ini, yaitu menggunakan suwiran ayam, soun, kol, dan telur rebus. Yang membedakan soto ayam lamongan dengan yang lain adalah penggunaan koya yang terbuat dari bawang putih goreng dan kerupuk udang yang dihaluskan. Koya ini memberikan rasa gurih lezat yang membuat ketagihan.

2/ Soto Semarang

Salah satu varian soto yang unik adalah soto Semarang. Dari segi isian, soto Semarang memang tidak terlalu berbeda. Yaitu berisikan suwiran ayam, taoge, soun, dan irisan daun bawang. Namun yang membedakan soto Semarang dengan lainnya adalah kuah yang digunakan. Kuah soto Semarang tidak menggunakan santan, tapi menggunakan kaldu bening dan diberi kecap manis. Sehingga rasa soto Semarang ini gurih dan sedikit manis.

3/ Soto Kemiri

Soto kemiri berasal dari Desa Kemiri di Pati, Jawa Tengah. Soto ayam kemiri ini menggunakan kemiri pada kuah kaldunya. Selain itu, soto kemiri ini disajikan dalam mangkuk porselen kecil. Isi soto kemiri ini terdiri dari nasi putih, suwiran ayam, tauge rebus, dan bawang putih goreng. Kemudian soto disiram dengan kuah kaldu dan kemiri yang sedap.

4/ Soto Banjar

Dari Banjarmasin, ada satu kuliner soto yang tidak boleh dilewatkan. Soto banjar ini paling cocok dinikmati saat sarapan. Yang berbeda dari soto Banjar ini adalah kuahnya yang kaya rempah karena menggunakan biji pala, cengkeh, dan kayu manis. Bumbu soto Banjar ini ditumis dengan menggunakan minyak samin, kemudian dibungkus dalam kantung kain dan direbus dalam kaldu ayam. Sehingga kuah soto Banjar ini menjadi bening dan segar harum rempah.

5/ Soto Kudus

Soto Kudus berasal dari wilayah Kudus, Jawa Tengah. Yang khas dari soto Kudus ini adalah soto yang disajikan dalam mangkuk kecil. Kuah soto Kudus ini berwarna kuning keruh, sedangkan isiannya hampir sama dengan soto pada umumnya yaitu suwiran ayam, seledri, taoge, dan taburan bawang putih goreng.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.