Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Memasak di dapur bersama si kecil bisa menjadi hal yang menyenangkan. Mumpung masih #dirumahaja yuk ajak si kecil masak bersama.

Memasak di dapur bersama anak dapat mendatangkan banyak manfaat. Selain masak menjadi menyenangkan karena ada partner yang membantu, anak juga akan menjadi lebih dekat alias bisa menjadi quality time . Sebagai orang tua, kita juga bisa memberikan pelajaran hidup yang tidak didapatkan di sekolah.

Sayangnya, banyak orangtua yang merasa enggan dibantu si kecil. Alasannya beragam, ada yang tak mau ribet karena si kecil justru dianggap mengganggu, dan takut jika dapur kurang aman untuk si kecil. Sebenarnya, jangan terlalu khawatir, karena ada beberapa kiat agar memasak bersama si kecil tetap menyenangkan.

Keamanan

Ini adalah faktor yang membuat orangtua khawatir setiap kali si kecil berada di dapur. Banyak sekali bahaya yang mengintai, seperti pisau dan api. Jika si kecil berusia 13 tahun ke atas mungkin sudah bisa diajarkan pelan-pelan menggunakan pisau, tetapi jika masih di bawah 13 tahun tentu akan menjadi berbahaya bagi si kecil berada di dapur.

Sebagai orangtua, kita harus memastikan keamanan untuknya. Jangan meninggalkan anak sendirian berada di dapur. Perlu ada pengawasan khusus bagi orangtua agar anak tetap aman dan nyaman ketika memasak.

Pentingnya Sanitasi dan Kebersihan

Pelajaran pertama yang bisa diajarkan saat anak berada di dapur adalah kebersihan. Orangtua bisa megajarkan pentingnya kebersihan, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah memasak. Selain itu, orangtua juga bisa memberi arahan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memasak resep tersebut.

Orantua bisa memulai memasak dari pekerjaan yang paling membutuhkan waktu lama. Misalnya saja merebus. Waktu merebus yang cukup lama bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain sembari menunggu bahan yang direbus matang.

Berikan tugas si kecil sesuai usianya. Seperti saat membuat salad si kecil bisa ditugaskan untuk mencuci selada. Biarkan ia memilih dressing saladnya sendiri di dalam lemari es. Biarkan si kecil ikut berperan.

Pilih resep yang mudah untuk dibuat dan si kecil bisa membantu, seperti Burger Tempe Keju , Donat Pizza , dan Roti Panda

Jangan Berharap Dapur Tetap Rapi

Salah satu faktor yang membuat orangtua malas memasak dengan anak adalah rasa malas melihat dapur yang nantinya akan berantakan. Memasak dengan si kecil memang membutuhkan kesabaran ekstra. Di sinilah peran orangtua dibutuhkan untuk mengajarkan anak agar tetap rapi secara pelan-pelan.

Mintalah mereka meletakkan piring kotor di bak cuci piring, lalu gunakan air hangat agar proses mencuci piring menjadi menyenangkan. Mintalah si kecil menggunakan apron agar cipratannya tidak mengenai baju.

Jangan lupa berikan pujian kepada si kecil saat ia telah berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Pujian kecil bisa memberi dampak besar kepada anak lho.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya