Sudah dengar soal Gula singkong? Gula ini merupakan pemanis baru yang katanya lebih hemat dan sehat dibandingkan gula tebu. Penasaran?

Gula memang menjadi bahan yang akrab dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Mulai dari ngeteh, ngopi, sampai masak-memasak. Kegunaannya banyak dan setiap hari, membuat kecemasan adanya penyakit yang mengintai dengan nama sama. Penyakit ini banyak menyerang orang yang mengkonsumsi gula selama hidupnya, namun ketakutan ini tidak menyurutkan atau menurunkan keinginan mengkonsumsi manis-manis. Oleh karena itu, adanya inovasi dalam bidang gula-gulaan sangat membantu, salah satunya gula singkong. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah.

Apa itu Gula Singkong?

Seperti namanya, gula ini terbuat dari singkong. Berbentuk cair dan memiliki tingkat kemanisan 2.5 kali lebih manis dibandingkan gula tebu . Berbeda dengan gula tebu, gula singkong dikatakan memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan gula tebu salah satunya adalah lebih sehat karena tidak mengandung gluten, rendah karbohidrat dan kalori. Karena lebih manis dan mudah larut dalam air penggunaannya jadi lebih hemat. Selain itu gula ini tanpa pengawet dan bisa bertahan sampai satu tahun lamanya. Harganya juga lebih murah!

Proses Pembuatan

Proses pembuatan gula ini tidak bisa dilakukan sendiri melainkan harus melewati proses kimia yang higienis. Prosesnya meliputi persiapan bahan baku yang dimana singkong akan dipisahkan dengan kulitnya. Kulit ini akan diproses juga namun dengan perendaman selama 3 hari terlebih dahulu baru kemudian bergabung dengan singkong yang telah dikupas kulitnya.

Tahap selanjutnya adalah likuifikasi dan sakarifikasi. Proses ini memiliki inti mengubah singkong menjadi gula cair yang harus di proses lagi dengan cara pemucatan yang menggunakan arang aktif. Pada proses terakhir gula cair dilakukan penyaringan, kemudian diuapkan, setelahnya dilakukan pengemasan bagi perusahaan distribusi.

Dimana Mendapatkannya?

Gula ini tidak terlalu terkenal di kalangan rumah tangga. Sehingga agak sulit mencari gula yang satu ini. Meski begitu, di toko online yang beredar di internet, kamu bisa memesannya dengan mudah. Kamu juga bisa menemukan agen-agen yang menjualnya di media sosial seperti facebook. Setiap 600 gram, gula cair dihargai tiga puluh ribu rupiah. Ini tentunya sebanding dengan rasa manis 2.5 kali lipat dibandingkan gula tebu. Jika kamu menggunakan 1 sendok gula tebu, maka cukup setengahnya, rasa manis yang sama akan didapatkan dari gula singkong. Jadi menggunakan gula singkong lebih hemat.

Itulah sedikit fakta mengenai gula singkong ini. Untuk kamu yang mencari alternatif gula yang akan digunakan dalam makanan, gula singkong bisa jadi solusi, terutama bagi yang sudah kelebihan gula . Apalagi harganya juga terjangkau kalangan menengah ke bawah. Apakah kamu tertarik?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.