Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Kuliner khas Indonesia memang terkenal dengan campuran rempah-rempahnya yang kental. Ternyata ada bumbu dasar di balik keistimewaannya.

Kuliner khas Indonesia saat ini jumlahnya kayaknya udah nggak bisa diitung lagi. Karena begitu banyaknya sajian yang bisa dinikmati dari Sabang sampai Merauke.

Tapi kalau diteliti lagi, masakan Indonesia memiliki beberapa bumbu dasar yang bisa dipakai pada tiap kuliner. Bumbu dasar tersebut terbagi akan warnanya; merah, putih, dan kuning. Biar nggak bingung, langsung aja yuk kita bahas untuk lebih jelasnya.

Bumbu dasar merah

Buat yang suka pedas, bumbu dasar merah adalah kuncinya. Jelas warna merah yang terdapat pada bumbu ini berasal dari cabai merah dan cabai keriting.

Gunakan bumbu ini untuk membuat makanan balado, pepes, tumis sayur atau daging, dan lainnya.

Bagaimana cara membuatnya? Silakan klik tautan berikut ini untuk resep bumbu dasar merah .

Bumbu dasar putih

Selain merah, ada lagi warna putih. Jika merah didapat dari cabai, warna putih pada bumbu dasar putih adalah bawang merah dan bawang putih.

Biasanya bumbu dasar putih ini digunakan untuk sajian opor, berbagai tumisan, soto, dan lainnya.

Klik tautan berikut untuk resep bumbu dasar putih .

Bumbu dasar kuning

Nah kali ini adalah bumbu dasar kuning. Ayam goreng, opor, soto, dan masih banyak lainnya adalah contoh masakan yang menggunakan bumbu dasar kuning.

Membuatnya cukup mirip dengan bumbu dasar putih, tapi ditambahkan kunyit untuk menambahkan warna dan aroma.

Resep bumbu dasar kuning bisa dilihat di tautan ini.

Sebenarnya masih ada lagi bumbu dasar keempat yaitu warna oranye. Karena ini yang paling kompleks dari ketiga lainnya, maka akan dibahas kemudian.

Selamat mencoba membuat kuliner khas Indonesia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya