Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kue tradisional Indonesia memang lezat, namun bagaimana dengan kalorinya?

Kue tradisional Indonesia terdiri dari banyak jenis dan semuanya mudah ditemukan. Sebagian besar orang mengkonsumsi kue tradisional atau kue basah sebagai camilan atau teman minum teh atau kopi. Lezat sih minum teh atau kopi dengan camilan kue basah, namun pernah kepikiran tentang kalori kue basah?

Tidak banyak orang yang berpikir tentang kalori dari kue basah di Indonesia. Hal ini karena ukurannya yang kecil sehingga disangka kalorinya juga kecil. Nah, kalau ENDEUSiast sedang diet, sebaiknya waspada dengan kalori beberapa kue basah di bawah ini.

1/ Klepon

Jangan tertipu dengan ukuran klepon yang kecil karena kue ini ternyata mengandung kalori yang tidak kecil. Kue yang terbuat dari tepung ketan dengan isian gula merah ini ternyata mengandung kalori hingga 110 kalori dan 2.8 gram lemak per biji. Dalam 5 biji klepon dengan ebrat 100 gram, kandungan kalori bisa mencapai 206, lho.

2/ Kue Lumpur

Kue lumpur adalah kue basah dengan tekstur yang creamy dan lembut. Kue ini berbahan dasar kentang, telur, terigu, dan margarin ini memang cocok untuk teman minum teh atau kopi. Rasa kue lumpur yang gurih membuat kue yang satu ini susah banget untuk ditolak. Padahal kalori pada dua buah kue lumpur bisa mencapai 250.

3/ Arem-Arem

Arem-arem adalah salah satu kue basah yang bisa menjadi penyelamat ketika sedang lapar. Kue yang satu ini terbuat dari beras dengan isi daging atau sayuran. Dengan dibungkus dengan daun pisang, arem-arem ini menjadi lebih sedap. Padahal dalam satu buah arem-arem mengandung 186 kalori.

4/ Lupis Ketan

Lupis ketan adalah salah satu jajanan basah yang juga populer di Indonesia. Kue yang satu ini dibuat dari beras ketan yang di bungkus dengan daun pisang dan direbus hingga matang. Lupis ketan ini disajikan dengan kelapa parut dan saus gula merah.

Sajian kue lupis ini memang sederhana, namun siapa sangka bila satu potong kue lupis mengandung 163 kalori. Padahal ENDEUSiast tidak mungkin makan hanya satu potong saja kan?

5/ Onde-Onde

Masih saudara dengan klepon, onde-onde adalah salah satu makanan yang juga mengandung kalori yang tinggi. Proses menggoreng pada onde-onde serta kandungan gulanya membuat kue basah satu ini tidak cocok dikonsumsi ketika diet. Pada satu buah onde-onde dengan berat 85 gram ternyata mengandung kalori hingga 200 kalori lho.

Risoles

Risoles adalah jajanan pasar yang digoreng dan menjadi primadona kue basah. Tergantung dengan isiannya, risoles bisa mengandung 96 kalori untuk satu potongnya. Padahal biasanya ENDEUSiast bisa menghabiskan hingga 3 buah risoles. Jadi bisa dikira-kira berapa banyak kalori yang sudah masuk ke tubuh?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.