Kapan dan Mengapa Menggunakan Wajan dengan Dasar Datar?
Kapan dan Mengapa Menggunakan Wajan dengan Dasar Datar?

Wajan dengan dasar datar memang agak jarang digunakan, namun bukan berarti nggak ada yang pakai karena wajan ini memiliki karakter unik untuk memasak.

Wajan dengan dasar datar memang kurang terkenal dan jarang dijual di pasar Indonesia, namun bukan berarti jenis ini nggak ada peminatnya. Pada dasarnya wajan memiliki dua jenis yang didasari dari bentuk bawahnya yaitu dengan dasar cekung dan dasar yang datar.

Wajan dengan dasar cekung lebih banyak dipakai sehingga orang lebih familiar dengan karakteristik wajan satu ini. Lalu bagaimana dengan wajan dasar yang datar?

Wajan datar memiliki beberapa kelebihan yang membuat kita memiliki jenis satu ini. Simak penjelasan di bawah ini!

1. Cocok pada kompor permukaan datar

Jika berencana menggunakan kompor atau pemanas induksi dengan permukaan datar, maka gunakan alat yang juga memiliki dasar datar seperti wajan induksi. Menggunakan wajan yang rata-rata akan membuat api melakukan kontak penuh dengan permukaan memasak.

Wajan jenis ini akan lebih cepat panas karena api akan terpusat di dasar wajan dan proses mengolah makanan menggoreng ayam bisa cepat selesai.

Pastikan saja permukaan memasak kompor menutupi seluruh bagian bawah wajan dan kompor induksi yang akan digunakan mampu menjadi panas.

2. Distribusi panas yang rata-rata

Jika kita menggunakan wajan datar di atas kompor listrik, pendistribusian panas akan sedikit lebih seragam dibandingkan dengan menggunakan wajan bundar di permukaan yang sama.

3. Lebih Stabil

Menggunakan wajan dengan permukaan rata sama artinya dengan memasak dengan lebih stabil, meskipun ditaruh di kompor gas, kompor induksi, kompor kaca listrik, kompor roket, dan bahkan pemanggang atau grill .

Wajan yang rata nggak bergoyang-goyang di permukaan yang datar berbeda seperti wajan yang bundar dan tidak akan berpindah tempat karena dasarnya memungkinkan untuk menaruh tanpa takut terjatuh. Mengaduk juga lebih teratur karena wajan tidak akan bergerak banyak.

Bagaimana Memilihnya?

Dalam memilih, ukuran standar wajan yang digunakan kebanyakan orang adalah 14 inci namun jangan lupa untuk mempertimbangkan membeli wajan lebih besar dari 14 inci jika kebutuhan memasak besar seperti ayam potong besar plus sayuran.

Sesuaikan juga dengan kompor. Cari wajan dengan permukaan rata sedikit lebih kecil atau ukuran yang sama dengan pembakar di bawahnya, ini akan memberikan panas yang lebih merata.

Kebanyakan wajan yang dijual di negara-negara barat berjenis pantat rata, dan jika kita menyukai wajan ini, pastikan untuk memanaskan secara perlahan untuk mencegah bengkok. Semakin tebal logam wajan, semakin kecil kemungkinannya akan melengkung.

Itulah alasan yang perlu diketahui jika ingin menggunakan wajan dengan dasar yang datar. Apa sudah memutuskan untuk memakai wajan ini juga?

Endeustorial

Ikuti Instagram