Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

ENDEUSiast pecinta ayam tapi bosan dengan masakan yang itu-itu saja? Coba masakan Thailand berbahan dasar ayam yang bisa ENDEUSiast masak sendiri.

Ayam merupakan protein hewani yang paling banyak digunakan untuk membuat makanan, baik di Indonesia ataupun negara lainnya. Selain Korea dan Jepang, negara di Asia yang terkenal dengan makanan enaknya adalah Thailand. Negeri Gajah ini memiliki berbagai makanan unik sampai makanan yang ekstrem.

Untuk menikmati berbagai macam makanan dari negara ini tidak perlu jauh-jauh, karena ENDEUSiast bisa membuat makanan dari Thailand yang berbahan dasar ayam. Berikut ini merupakan makanan khas Thailand berbahan dasar ayam yang patut ENDEUSiast coba dan masak sendiri di rumah.

1/ Pad Thai Ayam

Pad thai ayam merupakan mie goreng yang berasal dari Thailand. Daging ayam menjadi pelengkap utama mie ini. Daging ayam yang digunakan merupakan daging ayam yang telah difilet dan di tumis. Yang unik dari pad thai ayam adalah adanya taoge, kacang dan paprika dalam pelengkap mie. Selain kecap manis, pad thai ayam menggunakan kecap ikan khas Thailand sehingga menambah cita rasa masakan ini.

2/Tom Kha Gai

Tom kha gai merupakan makanan yang menyerupai sup hanya saja kuahnya kental karena terbuat dari santan. Daging ayam yang digunakan yaitu daging ayam bagian dada yang di filet atau dipotong dadu. Sup ini memiliki aroma yang sedap karena dalam pembuatannya digunakan rempah-rempah seperti serai dan lengkuas.

3/ Massaman Curry

Massaman curry merupakan makanan yang terlihat seperti kari ayam. Makanan ini tergolong makanan tua di Thailand karena sudah dikenal sejak abad ke 16. Massaman curry ada di Thailand karena ada utusan dari Persia dan pedagang. Massaman curry berasal dari Ayutthaya, Thailand Tengah. Bumbu yang dibutuhkan untuk massaman cury cukup mudah ditemukan yaitu bawang bombay, bawang putih, jahe, kulit jeruk lemon parut, cabai merah, ketumbar, jinten, kunyit, kayu manis, cengkeh, kapulaga hijau, asam jawa, dan santan.

4/ Gaeng Daeng Gai

Gaeng Daeng Gai jika dilihat selintas maka terlihat seperti kari ayam merah. Gaeng Daeng terbuat dari rebusan santan, daging ayam, pasta kari, rebung, penyedap dan lain-lain. Sama seperti membuat massaman curry, dalam membuat kuah gaeng daeng harus menggunakan santan.

Perpaduan antara irisan daging ayam yang lembut dan gurihnya santan akan membuat lidah ENDEUSiast ketagihan. Gaeng daeng memiliki aroma rempah-rempah yang sedap karena dalam membuatnya banyak digunakan bumbu rempah-rempah. Rasa yang paling menonjol dari masakan ini yaitu asam, asin, gurih, pedas, dan manis.

5/ Kai Phad Med Ma Muang

Menyebut hidangan yang satu ini memang cukup sulit karena namanya yang panjang. Akan tetapi tenang saja, makanan ini cukup mudah dibuat. Kai Phad Med Ma Muang bisa disebut dengan istilah ayam goreng kacang. Yang unik dari hidangan ini yaitu kacang yang digunakan dalam masakan adalah kacang mete.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.