Sebenarnya lubang pada talenan memiliki fungsi lain yang dapat membantu kita dalam memotong bahan makanan.

Talenan merupakan alat masak yang paling sering kita temui di dapur. Talenan berfungsi untuk memotong berbagai bahan makanan mulai dari sayur, buah sampai daging. Talenan memiliki 3 jenis berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuatnya yaitu talenan plastik, kayu dan bambu . Talenan juga memiliki beraneka ragam bentuk mulai dari persegi panjang sampai lingkaran.

Apapun jenis talenan, pasti kalian sudah mengetahui bagaimana bentuk talenan secara umum. Permukaan talenan terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian yang tidak berlubang dan bagian yang tidak berlubang. Setiap bagian talenan yang dibuat pasti memiliki manfaat. Bagian yang tidak berlubang pada talenan tentunya berfungsi untuk alas memotong bahan makanan. Lalu apa fungsi dari bagian talenan yang berlubang? Berikut ini adalah fungsi dari bagian yang berlubang pada talenan.

1. Untuk menggantung talenan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lubang pada talenan berfungsi untuk menggantung talenan. Setelah talenan dicuci makan kamu bisa meniriskan talenan dengan cara menggantung talenan supaya cepat kering. Menggantung talenan juga bisa menjadi cara menyimpan talenan. Pada beberapa dapur, untuk menghemat ruang penyimpanan, mereka akan menggantung beberapa alat makan mereka termasuk talenan.

Lubang talenan yang berfungsi untuk menggantung talenan menjadikan talenan digunakan untuk media berkreasi. Banyak yang menjadikan talenan menjadi benda bernilai seni yang akan dipajang di ruang tamu, atau dinding restoran. Pada zaman sekarang banyak yang menyediakan jasa lukis pada talenan. Selain digunakan untuk pajangan, talenan lukis dapat digunakan untuk kado kelulusan teman atau dijadikan souvenir nikah.

2. Untuk mengarahkan hasil potongan

Mungkin sebagian orang akan kaget mendengar fungsi lubang talenan yang digunakan untuk mengarahkan hasil potongan. Selama ini yang kita tahu lubang talenan hanya berfungsi untuk menggantung talenan saja. Coba kamu perhatikan talenan di sekitar kamu bagaimana bentuk lubang talenan. Pati terdapat bentuk lubang talenan yang besar. Oleh sebab itu jika lubang talenan hanya berfungsi untuk menggantung talenan saja maka ukurannya pasti tidak akan terlalu besar.

Biasanya kita akan menaruh hasil potongan dengan cara menyeret potongan bahan pada ujung talenan menggunakan pisau. Jika kita memindahkan potongan bahan dengan cara seperti itu pasti terdapat bahan yang jatuh tercecer sehingga bahan yang ada pada sebuah wadah berkurang.

Jika kita menggunakan lubang pada talenan untuk mengarahkan hasil potongan bahan makanan ke suatu wadah maka tidak akan ada bahan yang jatuh tercecer. Akan tetapi fungsi tersebut tidak bisa diterapkan pada semua bahan yang dipotong. Lubang pada talenan memiliki ukuran yang terbatas sehingga jenis potongan yang terlalu besar atau padat kadang tidak bisa masuk ke lubang talenan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.