Talenan yang merupakan alat dapur yang berguna sebagai alas bahan masakan memiliki jenis yang beragam berdasarkan dari bahan pembuatannya.

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing dengan alat dapur yang satu ini. Ketika hendak memotong bahan masakan pasti ENDEUSiast membutuhkan talenan. Alas potong ini sangat penting untuk keperluan masak di dapur. Hampir setiap rumah memiliki talenan. Hanya saja mungkin jenisnya yang berbeda. Ya, memang ada beberapa jenis talenan dan yang membedakan adalah pada bahan pembuatannya. Bagi ENDEUSiast yang masih bingung untuk mencari jenis talenan yang tepat, berikut dibawah ini akan dijelaskan berbagai jenisnya.

1/ Talenan Plastik

Jenis talenan yang satu ini cukup digemari khususnya di kalangan rumah tangga modern. Berbahan plastik menjadikan talenan ini ringan serta memiliki warna dan bentuk yang beragam. Untuk membersihkannya pun cukup mudah karena talenan plastik tidak memiliki pori. Hanya saja perlu diperhatikan ketika hendak membersihkannya, pastikan mencucinya hingga benar-benar bersih karena biasanya pada talenan plastik terdapat guratan bekas pisau dan menjadi sarang bakteri dan kotoran. Talenan ini kurang bisa digunakan untuk memotong jenis makanan yang berat dan tebal. Sebaiknya gunakan untuk memotong yang ringan saja seperti buah-buahan atau sayuran.

2/ Talenan Kayu

Talenan kayu mungkin bisa dibilang jenis talenan yang sudah lama ada dan masih banyak digunakan hingga sekarang terutama untuk perabotan rumah tangga. Jenis kayu yang dipilih untuk pembuatan talenan ini diantaranya kayu jati, angsana, maple atau beech. Ke empat kayu tersebut dipilih karena bahannya yang kuat dan keras sehingga bisa meminimalisir terjadinya goresan pisau pada saat memotong. Berbeda dengan jenis talenan plastik yang kurang kuat untuk memotong bahan berat dan tebal, untuk talenan kayu bisa ENDEUSiast pilih untuk memotong daging, buah atau sayuran. Bila ENDEUSiast hendak membuat semur daging maka bisa menggunakan talenan untuk memotong dagingnya.

3/ Talenan Bambu

Bagi ENDEUSiast yang peduli terhadap lingkungan mungkin bisa menjadikan talenan bambu sebagai pilihan tepat untuk alas memotong bahan masakan di rumah. bambu tidak memerlukan bahan kimiawi untuk bisa tumbuh dan juga dapat didaur ulang. Bila dibanding dengan jenis kayu, talenan dari bahan bambu menyerap sedikit cairan sehingga tidak sulit untuk dibersihkan dan dikeringkan. Hanya saja bahannya lebih keras dari jenis talenan kayu.

ENDEUSiast bisa menggunakan jenis talenan dari bahan apa saja sesuai dengan selera. Asalkan lebih memperhatikan kebersihan pada talenan. Ada baiknya untuk memisahkan jenis talenan berdasarkan fungsi memotongnya. Gunakan talenan plastik untuk memotong buah dan gunakan talenan kayu atau bambu untuk memotong bahan masakan yang berat dan tebal seperti daging. Hal ini bertujuan agar terhindar dari kontaminasi pada bahan makanan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.