Rendang telah diakui menjadi makanan paling lezat di dunia. Ternyata masih ada sederet fakta lainnya seputar rendang yang perlu ENDEUSiast ketahui.

Rendang bisa menjadi tolak ukur apakah rumah makan padang tersebut enak atau tidak. Rendang yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini memiliki citra rasa yang lezat. Maka tidak heran bila makanan khas Padang ini sudah populer di seluruh dunia. Seperti hal tersebut sudah diketahui banyak orang. Tetapi tahukah ENDEUSiast fakta lainnya tentang rendang? Kalau belum tau, mari simak ulasannya di bawah ini.

1/ Hidangan Spesial

Bagi masyarakat Minangkabau, rendang tidak hanya dijadikan sebagai makanan saja namun juga dianggap sebagai martabat dari warga Minang. Bagi mereka, rendang sangat istimewa dan sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan. Dianggap istimewa karena diperlukan kesabaran dalam proses pembuatannya yang membutuhkan waktu lama. Makanan tersebut bisa disebut rendang bila dimasak hingga kuahnya benar-benar kering. Jika kuahnya tidak sampai kering maka biasa disebut dengan kalio daging. Tentu rasanya akan berbeda.

2/ Bukan Nama Masakan

Fakta yang satu ini mungkin banyak yang belum mengetahuinya. Jadi memang faktanya rendang bukanlah nama dari sebuah masakan melainkan dari proses pemasakannya. Seperti yang telah dijelaskan pada point diatas bahwa bisa dikatakan rendang bila kuahnya kering. Jadi pada proses pembuatan rendang terdiri dari 3 tahap yaitu gulai, kalio dan hingga pada akhirnya menjadi rendang.

3/ Tidak Hanya Menggunakan Daging Sapi

Selama ini mungkin ENDEUSiast berfikir bahwa rendang hanya bisa dimasak dengan daging sapi. Faktanya, ada banyak daging yang bisa ENDEUSiast pilih untuk dijadikan rendang. Masyarakat Minang bisa menggunakan bahan lainnya seperti daging bebek, daging ayam, daging kerbau, kerang hingga beragam daun tanaman. Jadi bisa disesuaikan dengan selera dan persediaan bahan yang ada.

4/ Rendang Warnanya Coklat Kehitaman

Sebenarnya untuk menentukan rasa lezat dari rendang tidak ada patokan khusus. Tetapi ENDEUSiast bisa dengan mudah mengenali masakkan yang benar-benar sudah menjadi rendang. Caranya cukup mudah, ENDEUSiast hanya perlu melihat warna dari masakkan tersebut. Bila sudah berwarna coklat gelap kehitaman maka bisa dikatakan sebagai rendang.

Kelebihan lainnya pada rendang yang tidak dimiliki oleh hidangan dari daerah manapun adalah termasuk makanan yang tahan lama dan terkenal pedas. tetapi ketika kita sudah memakannya, rasa pedas tersebut akan cepat hilangnya. Nah, bagi ENDEUSiast yang tertarik untuk membuat varian rendang dirumah, bisa mencoba resep rendang telur . Rasanya tidak akan kalah dengan rendang daging sapi. Itulah beberapa fakta tentang rendang, semoga bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.