Cara Menyimpan Bumbu Ketumbar Agar Awet
Cara Menyimpan Bumbu Ketumbar Agar Awet

Menyimpan bumbu ketumbar diperlukan cara khusus agar tetap awet dan bisa menghasilkan aroma wangi pada masakan.

Menyimpan bumbu ketumbar diperlukan cara khusus agar tetap awet dan bisa menghasilkan aroma wangi pada masakan.

Bagi ENDEUSiast yang gemar memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis bumbu yang bernama ketumbar. Bumbu yang memiliki ciri tekstur kulit yang kasar ini, memang sering digunakan untuk memberikan cita rasa yang gurih dan aroma sedap pada masakan. Bagi orang Indonesia mungkin memasak tanpa bumbu ketumbar akan terasa aneh karena hampir semua resep masakan Indonesia menggunakan ketumbar. Maka dari itu kita harus tahu cara tepat dalam menyimpan bumbu ketumbar agar bisa bertahan lama.

Bagaimana caranya? Mari simak tips di bawah ini.

1/ Memilih Ketumbar Segar

Ketumbar bisa ENDEUSiast cari di pasar tradisional. Namun, terkadang beberapa pedagang ada yang menjualnya dalam keadaan sudah menjadi bumbu halus dan dibungkus plastik. Maka akan sedikit sulit untuk bisa memilih jenis ketumbar yang segar. Bila ENDEUSiast ingin membuat stok ketumbar, disarankan untuk memilih ketumbar utuh yang segar, bukan jenis ketumbar bubuk. Ciri ketumbar yang segar adalah warnanya yang kuning bersih serta tidak tercium bau apek. Bila ENDEUSiast menemukan biji ketumbar yang warnanya sudah mulai kehitaman sebaiknya jangan dipilih karena sudah tidak segar lagi dan tidak enak bila diolah ke dalam masakan.

2/ Disangrai Menggunakan Wajan Datar

Selanjutnya adalah proses menyangrai ketumbar di atas wajan datar. Pada proses ini ENDEUSiast tidak perlu minyak, cukup masukkan ketumbar yang sudah dipilih tadi ke wajan datar, lalu aduk terus hingga tercium aroma harumnya namun jangan sampai gosong ya. Kenapa bumbu ketumbar harus disangrai? Alasannya adalah untuk menghasilkan aroma yang lebih kuat sehingga bisa membuat sedap pada masakan. Selain itu juga bermanfaat untuk membunuh jamur dan kutu yang menempel pada ketumbar sehingga lebih awet.

3/ Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Jika sudah disangrai, biarkan dulu hingga ketumbarnya dingin. Baru ENDEUSiast bisa memasukkan bumbu ketumbarnya ke dalam wadah yang kedap udara. Pemilihan wadah kedap udara bertujuan untuk mencegah masuknya udara dari luar yang dapat membuat bumbu ketumbar menjadi lembab, rusak dan tidak segar lagi. Siapkan wadah khusus untuk menyimpan ketumbar. Jangan dicampur dengan bumbu lainnya meskipun sama-sama jenis bumbu dapur, karena hal ini dapat membuat aroma dan cita rasa khasnya menjadi tercampur. Jika sudah dimasukkan, tutup wadah dengan rapat dan pastikan simpan di tempat yang kering dan terhindar dari cahaya matahari langsung.

Kini ENDEUSiast sudah ada stok ketumbar untuk persiapan memasak nanti. Asalkan ENDEUSiast dapat menyimpannya secara tepat, maka bumbu ketumbar akan tahan lama. Selain itu juga masakan akan jauh lebih sedap karena bumbu sudah disangrai sebelumnya.

Contoh masakan yang menggunakan bumbu ketumbar adalah Sate Lilit Bali.

Endeustorial

Ikuti Instagram