Cara Memasak Sayur Pare Supaya Tidak Terlalu Pahit
Cara Memasak Sayur Pare Supaya Tidak Terlalu Pahit

Cara Memasak Sayur Pare Supaya Tidak Terlalu Pahit

Sayur pare sering sepi peminat karena rasanya pahit, ENDEUSiast bisa mengurangi rasa pahit pare dengan tips-tips ini

Pare merupakan sayuran yang sudah tidak asing lagi di telinga ENDEUSiast. Pare sangat terkenal karena memiliki rasa yang pahit dan getir. Karena rasanya yang pahit, banyak orang yang tidak suka memakan dan mengolahnya. Padahal pare memiliki banyak kandungan gizi yang sangat berguna bagi tubuh dan sayang dilewatkan. Pare dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit dan melancarkan pencernaan.

Bahkan pare memiliki komposisi fitokimia yang mampu menghambat aktivitas human immunodeficiency virus (HIV). Selain itu, pare baik untuk kesehatan kulit. Untuk mendapatkan kulit yang mulus ENDEUSiast bisa memakan pare karena pare dapat mengatasi berbagai macam permasalahan kulit seperti jerawat, bisul, kudis, gatal, psoriasis, kurap dan penyakit jamur lainnya

Saat ini sudah banyak jenis olahan makanan yang berasal dari pare misalnya pare isi kuah santan . Untuk dapat mengolah pare supaya mengurangi rasa pahitnya dan menjadikan masakan ENDEUSiast lezat maka ENDEUSiast perlu melakukan tips memasak pare ini. Berikut ini cara memasak pare sayur pare supaya tidak terlalu pahit.

1/ Pemilihan Pare

Untuk mengolah sayur pare supaya tidak pahit maka ENDEUSiast harus memulainya dengan memilih pare yang tepat saat membelinya. Ukuran dan warna pare sangat menentukan rasa pare. Sebaiknya ENDEUSiast memilih pare yang kecil dan mempunyai warna permukaan kulit hijau tua. Semakin besar ukuran pare maka semakin pahit pare. Pare yang memiliki warna hijau muda adalah pare yang sudah tua. Pare yang sudah tua memiliki rasa yang pahit.

2/ Remas Dengan Garam Atau Gula

Garam dan gula mampu mengurangi rasa pahit pada pare. Pare dipotong menjadi dua bagian, bijinya dan selaput putih yang menempel pada daging buahnya dibuang. Setelah itu, potong pare tipis-tipis dan taburi garam atau gula. Irisan pare lalu diremas-remas sampai layu. Setelah itu, pare dibilas menggunakan air yang mengalir. Pare kemudian tiriskan dan masak sesuai selera.

3/ Rebus Menggunakan Tanah Liat

Umumnya tanah liat digunakan untuk menghilangkan rasa pahit yang ada pada daun pepaya. Kini ENDEUSiast bisa mencobanya pada pare. Rebus tanah liat bersama dengan pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya selama 3 menit. Setelah itu cuci dengan air mengalir, tiriskan dan diolah menjadi menu makanan yang diinginkan.

4/ Mengolah Dengan Telur

Jika ingin membuat tumis pare sebaiknya ENDEUSiast menambahkan telur orak arik. Telur dapat berfungsi untuk menetralkan rasa yang terlalu tajam seperti rasa pahit pare.

5/ Rebus Dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji biasanya digunakan untuk memberi warna pada telur yang direbus. Kini ENDEUSiast bisa menggunakannya untuk menghilangkan rasa pahit pare. Caranya cukup mudah yaitu rebus pare bersama beberapa lembar daun jambu biji setelah itu cuci, tiriskan dan diolah menjadi menu makanan.

Endeustorial

Ikuti Instagram