Cara memasak kulit kebab tidak sesulit yang ENDEUSiast kira. Simak dan ikuti caranya!

Kulit yang digunakan untuk kebab adalah jenis kulit yang tipis, sehingga mudah untuk menggulungnya. Biasanya kulit kebab disebut dengan tortilla. Makanan yang satu ini memang sangat lezat karena perpaduan renyah kulit tortilla dan isian daging serta sayuran yang gurih.

Berbicara masalah kulit kebab atau tortilla, sebenarnya sudah banyak dijual dalam bentuk beku di supermarket. Jadi ENDEUSiast tinggal memasakan ulang dan siap digunakan untuk kebab. Namun membuat kulit kebab sendiri juga bukan hal yang susah. Berikut ini tips sukses memasak kulit kebab di rumah.

1/ Pilih Tepung

Meskipun termasuk dalam kategori roti, namun kulit untuk kebab ternyata membutuhkan klasifikasi tepung yang berbeda. ENDEUSiast tetap bisa menggunakan tepung protein tinggi namun tepung protein sedang atau all-purpose flour memberikan hasil yang lebih baik. Selain itu, sebaiknya gunakan air hangat cenderung panas untuk menguleni adonan kulit kebab. Hal ini akan membuat kulit lebih lentur dan lebih mudah ketika digilas.

2/ Diamkan Adonan Terlebih Dahulu

Setelah adonan diuleni hingga kalis, sebaiknya hindari langsung menggilas adonan. Diamkan adonan terlebih dahulu selama 30 menit agar air bisa terserap sempurna ke dalam tepung. Sehingga adonan lebih lembab dan lebih mudah untuk digilas. Setelah didiamkan selama 30 menit, bagi adonan menjadi ukuran lebih kecil dan bulatkan. Diamkan lagi selama sepuluh menit kemudian gilas hingga tipis.

3/ Perhatikan Cara Menggilas Adonan

Menggilas adonan tortilla juga sangat mudah. Ambil satu bulatan adonan kemudian pipihkan dengan menggunakan rolling pin hingga tipis. Jangan lupa taburi meja dengan tepung agar adonan tidak lengket dan rusak. Bila dirasa kulit kebab susah untuk ditipiskan, diamkan dahulu sejenak, kemudian gilas lagi.

4/ Cara Panggang Adonan

Setelah digilas hingga tipis, panggang tortilla dengan menggunakan wajan datar yang anti lengket. Jangan tambahkan mentega atau minyak ketika memanggang tortilla karena akan membuat kulit menjadi renyah dan susah digulung. Panggang tortilla hingga mengembung dan ada bercak coklat di permukaanya, kemudian balik tortilla dan masak dengan cara yang sama.

5/ Penyimpanan Roti Kebab

Setelah dipanggang, pindahkan kulit kebab pada piring dan selalu tutup dengan kain atau serbet yang bersih. Sehingga permukaan tortilla tetap lembab dan tidak kering. Kulit kebab yang lembab akan lebih mudah digulung dan tidak mudah pecah. Bila ingin disimpan lebih lama, ENDEUSiast bisa membekukan kulit kebab dengan melapisinya dengan plastik satu persatu agar tidak saling melekat. Bekukan kulit di freezer dan panggang kembali bila hendak digunakan.

Mudah kan cara membuatnya? Kalau sudah tahu bagaimana cara memasak kulit kebab, ENDEUSiast bisa memasak juga Kebab Salmon , Fruit Kebab atau Kebab Steak Chimichurri .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.