Olahan sayur seperti capcay wajib ada ketika makan. Ikuti tips berikut ini agar capcay buatan sendiri bisa selezat capcay di restoran.

Capcay adalah salah satu jenis masakan tumis yang terdiri dari berbagai jenis sayuran dan bahan pelengkap yang lain. Masakan ini tergolong dalam jenis masakan tumis yang sangat mudah dibuat. Meskipun proses memasaknya sama, namun terkadang rasa capcay tidak selezat capcay di restoran. Bisa juga sayuran jadi terlalu lembek atau terlalu keras. Berikut ini adalah beberapa cara memasak capcay agar hasilnya lezat dengan tekstur sayur yang sesuai.

1/ Siapkan Sayuran Segar

Agar rasa capcay tetap lezat, ENDEUSiast harus menggunakan sayuran yang segar dan tidak busuk. Siapkan semua bahan kemudian cuci di bawah air mengalir. Pastikan untuk mencuci sayuran hingga benar-benar bersih dari tanah termasuk pada bagian lipatan-lipatan sayur. Bila menggunakan bunga kol dan brokoli, pastikan untuk merendam sayuran tersebut pada air garam agar kotoran dan ulat pada sayuran hilang. Setelah semua sayuran dicuci, pastikan untuk meniriskan sayuran. Memasak sayuran untuk capcay dalam keadaan basah akan membuat capcay lebih berair, sehingga sedapnya berkurang.

2/ Teknik Potong Sayuran

Banyak orang yang tidak memperhatikan teknik memotong sayuran untuk capcay. Padahal faktor ini sangat penting dan mempengaruhi rasa capcay. Usahakan untuk memotong sayuran sama besar tergantung dengan jenisnya. Misalnya potong wortel dengan ketebalan yang rata, sawi dengan sama besar, dan sebagainya. Sehingga semua sayuran bisa matang secara merata dengan tekstur yang pas.

3/ Jangan Lupa Bawang Putih

Salah satu bumbu utama capcay adalah bawang putih. Bumbu ini tidak boleh dilewatkan karena menjadi faktor yang membuat capcay sedap. Gunakan bawang putih cincang agar aromanya lebih keluar. Tumis bawang putih dalam minyak yang panas, kemudian tambahkan sayuran sehingga aroma wanginya keluar.

4/ Masak Dengan Api Besar

Bila diperhatikan, capcay di restoran terasa lebih lezat karena cara memasaknya menggunakan api yang besar. Memasak capcay dengan api yang besar bisa membuat sayuran lebih cepat matang namun teksturnya tetap renyah. Agar sayuran tidak hangus selama proses pemasakan dan matangnya merata, usahakan untuk selalu mengaduk sayuran.

5/ Masak Sayuran Secara Bertahap

Sayuran untuk capcay terdiri dari berbagai jenis dan tekstur. Sehingga saat memasak capcay, masukkan sayuran secara bertahap dimulai dari sayuran dengan tekstur keras terlebih dahulu. Contoh urutannya adalah wortel, jagung muda, kembang kol, kubis, brokoli, dan sawi. Bila menggunakan bahan pelengkap seperti ayam bisa dimasukkan diawal bersamaan dengan wortel. Namun bila menggunakan seafood sebaiknya dimasukkan belakangan karena seafood tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.