Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sajian takjil untuk buka puasa tidak lepas dari kolak. Aneka jenis kolak ini siap menemanimu sore nanti.

Kolak menjadi takjil khusus yang selalu ada di bulan Ramadan. Meski pun kini sudah banyak tersedia aneka makanan modern untuk menu buka puasa tetapi tetap saja kolak masih menjadi juaranya. Rasanya kurang lengkap apabila tidak ada kolak di meja makan saat berbuka.

Kolak memang memiliki citarasa yang unik. Perpaduan antara bahan-bahan kolak dengan gula merah cair manis memang sangat menggugah selera, setelah puasa seharian penuh. Maka nggak heran bila hingga kini kolak masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia yang hendak berbuka puasa.

Bahkan kini kolak sudah dikreasikan dengan menggunakan aneka bahan sehingga tampilan dan rasa menjadi lebih beragam. Apakah kamu tertarik mencobanya? Mari kita simak beberapa kolak untuk berbuka puasa di bawah ini

1. Kolak Pisang

Kita pasti sudah nggak asing lagi dengan kolak yang satu ini. Bisa dibilang kolak pisang adalah primadona di antara kolak lainnya. Nggak ada yang bisa menggantikan popularitas dari kolak pisang di bulan Ramadan ini. Bagaimana tidak, perpaduan rasa pisang yang manis dan asam dicampur dengan santan dan gula merah cair. Perpaduan yang sempurna bukan? Kolak pisang bisa disajikan baik ketika hangat atau dingin. Keduanya sama-sama enak.

Udah coba kolak pisang kukus? Intip resepnya di sini .

2. Kolak Biji Salak

Memang sepertinya terdengar aneh. Tetapi kolak biji salak benar-benar ada loh! Namanya memang biji salak tetapi bahan utamanya bukan biji salak yang keras. Jadi jangan salah pengertian ya!

Jadi, kolak biji salak dibuat dari bahan campuran ubi jalar dan tepung sagu. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil yang menyerupai biji salak. Perpaduan rasa yang manis, gurih dan legit menyatu dengan sempurna. Sangat tepat disajikan sebagai takjil buka puasa nanti.

3. Kolak Candil Ketan

Selain kolak biji salak, kamu juga bisa mencoba kolak candil ketan. Bahan pembuatan candil ketan sendiri terdiri dari adonan tepung ketan dan air lalu dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Kemudian masukkan ke dalam larutan gula merah. Diamkan hingga mendidih.

Sebelum disajikan, tambahkan santan sebagai kuah dari kolak candil ketan ini agar rasanya lebih nikmat. Perpaduan rasa manis dengan tekstur candil ketan yang kenyal ini dijamin bikin kamu ketagihan.

4. Kolak Jagung Manis

Kolak jagung manis juga bisa menjadi pilihan bagi kita yang bosan dengan kreasi kolak pisang yang itu-itu saja. Kamu hanya cukup menyiapkan jagung manis. Pembuatannya sama dengan kolak lainnya. Untuk lebih jelasnya lagi, bisa lihat resep kolak jagung manis berikut ini.

5. Kolak Labu

Bagi yang nggak suka dengan sajian kolak yang terlalu manis, tenang! Masih ada kolak labu. Cara pembuatannya sama dengan jenis kolak lainnya. Hanya saja rasa dari labu cenderung tawar sehingga kolak labu ini nggak terlalu manis ketika disantap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya