Berbagai Minuman Tradisional Yang Bermanfaat Untuk Tubuh
Berbagai Minuman Tradisional Yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Indonesia memiliki banyak sekali minuman tradisional. Siapa sangka, minuman ini memiliki berbagai manfaat untuk tubuh loh.

Kita mungkin udah nggak asing lagi sama berbagai minuman tradisional asli dari Indonesia. Tapi mungkin yang kita nggak tau adalah manfaat dari berbagai minuman tersebut. Di sini kita akan mencoba membahasnya satu per satu manfaat dari minuman tradisional Indonesia.

Berbagai daerah di Nusantara memiliki minuman tradisionalnya masing-masing. Ada yang rasanya hangat karena menggunakan jahe, ada juga yang dasarnya dari jamu. Untuk yang masih asing dengan jamu, kami pernah mengulasnya mengenai mengenal jamu lebih dalam dari maknanya .

Oke, langsung aja kita membahas manfaat dari berbagai minuman tradisional untuk pengobatan.

1. Kunyit asam

Minuman tradisional yang udah dikenal banyak orang ini bisa digunakan juga sebagai antioksidan. Karena kunyit asam bisa dikonsumsi bisa mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Selain itu bisa juga membakar lemak, sehingga banyak digunakan oleh orang yang sedang menjalani diet.

Bagi wanita yang sedang datang bulan, kunyit asam bisa memperlancar keluarnya haid. Juga bisa mencerahkan kulit. Karena menggunakan bahan alami, minuman ini baik dikonsumsi oleh siapa pun; anak kecil, dewasa, bahkan bagi yang sedang hamil.

2. Beras kencur

Minuman ini terdiri dari beras dan kencur sesuai dengan namanya. Salah satu minuman tradisional yang juga udah cukup dikenal selain kunyit asam. Dikenal juga karena memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita.

Salah satu manfaatnya adalah bisa meningkatkan nafsu makan. Sehingga nggak heran kalau banyak anak-anak yang dikasih minum ini oleh orangtuanya. Selain itu mengonsumsi ini juga bisa mengusir masuk angin yang membuat tubuh jadi nggak nyaman.

3. Wedang secang

Salah satu minuman tradisional khas Indonesia adalah wedang secang. Terbuat dari kayu secang, yang ketika direbus akan menjadikan air berwarna merah. Memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, di antaranya adalah sebagai antioksidan, bisa menunda penuaan dini, meningkatkan imun tubuh, dan lain sebagainya.

Kalau masih bingung bagaimana mengolahnya agar endeus? Kita bisa langsung melihat resep membuat wedang secang susu .

4. Sarabba

Udah tau sarabba? Adalah minuman tradisional dari Makassar yang terbuat dari jahe, kuning telur, santan, merica bubuk, dan gula aren. Rasa hangat akan terasa begitu meminum sarabba. Karenanya selain bisa menghangatkan tubuh juga bisa mengusir masuk angin dan juga flu.

5. Sekoteng

Ada yang tau nggak kalau sekoteng merupakan singkatan dari “nyokot weteng” dalam Bahasa Jawa yang berarti menggigit perut. Karena rasa hangat ketika dimakan membuat seolah-olah perut kita sedang digigit.

Bahan utamanya adalah air jahe yang dipadukan dengan berbagai macam tambahan isi seperti roti tawar, kacang, hingga kolang-kaling. Manfaatnya ketika makan sekoteng adalah bisa mengurangi mual, pusing, hingga meredakan nyeri ketika datang bulan.

Itulah lima minuman tradisional yang memiliki khasiat untuk pengobatan di tubuh kita. Ternyata ada banyak obat-obatan dengan bahan alami yang selama ini mungkin nggak kita sadari. Mari menjadi lebih sehat lagi agar bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Lion Haloho