Berbagai Jenis Tahu untuk Masakan
Berbagai Jenis Tahu untuk Masakan

Siapa tak mengenal tahu? Makanan yang mengandung protein nabati ini terdapat jenis yang beragam dengan karakteristik berbeda-beda.

Jika dibandingkan dengan daging sapi atau ayam, masyarakat Indonesia justru lebih banyak memilih makanan dari bahan dasar kedelai yaitu tahu untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Tahu menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia yang dijadikan sebagai berbagai macam masakan.

Sebenarnya di Indonesia hanya ada 2 jenis tahu yaitu tahu potong dan tahu sutra. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, kini telah muncul beragam jenis tahu. Sama-sama menggunakan bahan dasar kedelai namun setiap jenis tahu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Penasaran apa saja itu? Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

1/ Tahu Putih

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing lagi dengan tahu berwarna putih. Tahu yang satu ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional maupun modern. Sesuai dengan namanya, tahu ini berwarna putih. Teksturnya padat dan memiliki pori yang cukup besar.

ENDEUSiast bisa memasak apa saja dengan menggunakan olahan tahu putih seperti misal tahu kukus isi daging atau bila ingin simple, ENDEUSiast bisa membuat gorengan tahu. perlu diingat pada saat mencuci tahu harus secara pelan karena jenis tahu ini rentan hancur.

2/ Tahu Kuning

Sama halnya dengan tahu putih, jenis tahu yang satu ini juga banyak dijual di pasaran. Tahu ini bisa berwarna kuning karena diberi pewarna dari kunyit. Bila ENDEUSiast berkunjung ke Kediri nama tahu ini bukanlah tahu kuning melainkan tahu takwa. Jadi jangan sampai salah menyebut ya. Tekstur pada tahu ini lembut, padat, kenyal dan berpori. Ada berbagai masakan dari bahan dasar tahu kuning yang bisa ENDEUSiast coba dirumah diantaranya untuk membuat sop atau tahu gejrot .

3/ Tahu Pong

Jika dilihat dari namanya mungkin masih ada sebagian yang tidak mengetahuinya. Nama lain dari tahu pong adalah tahu sumedang atau bisa juga disebut dengan tahu kulit karena memiliki tekstur yang kenyal setelah digoreng.

Uniknya, pada saat masih mentah tahu pong ini berwarna putih namun setelah digoreng maka tahu akan berubah warna menjadi kecoklatan. Jenis tahu ini memiliki ketebalan sekitar 3 cm dan kadar air yang tinggi sehingga bisa mudah hancur sebelum digoreng.

4/ Tahu Sutra

Tahu sutra memiliki bentuk persegi atau lonjong seperti guling kecil. Jenis tahu yang satu ini biasanya banyak ditemukan di supermarket karena harganya yang agak mahal bila dibanding dengan jenis tahu lainnya. Tahu yang dibungkus menggunakan plastik ini memiliki tekstur yang kenyal dan cenderung lunak.

Itulah beberapa jenis tahu yang bisa ENDEUSiast jadikan sebagai olahan dalam masakan. jadi dari 4 varian tahu ini, manakah yang paling ENDEUSiast sukai? ENDEUSiast bisa bereksperimen dirumah untuk membuat masakan yang unik dari bahan tahu. semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Endeustorial

Ikuti Instagram