Apakah ENDEUSiast pecinta bakso? Kalau iya, apakah sudah mencicipi jenis daging yang digunakan untuk bakso? Kalau penasaran, simak yuk!

Bakso merupakan makanan dari olahan daging yang bermacam jenisnya yang dibentuk bulat-bulat dan direbus untuk dijadikan santapan. Rasa lezat yang dihasilkan tentu berasal juga dari sajian bumbu rerempahan yang digunakan beserta kaldu dari daging bakso tersebut. Ada sapi, ayam, ikan, dan babi. Tiap daging memiliki rasa dan tekstur berbeda di lidah. Wah, apa bedanya ya? Simak yuk!

1/ Bakso Ayam

Bakso ayam mudah ditemukan di pasar dengan harga murah dan terjangkau untuk menengah kebawah. Sehingga sering kali jadi pilihan ketika membuat sajian, pedagang juga lebih sering menggunakan daging ayam dibanding sapi agar pembeli tidak keberatan. Bakso ayam jauh lebih kenyal dibandingkan bakso sapi dan Rasanya memang tidak sekuat bakso sapi begitu pula kaldu yang dihasilkan, namun tentu bakso ayam tetap nikmat di lidah.

2/ Bakso Sapi

Daging sapi memang mahal harganya. Oleh karena itu meskipun telah menjadi olahan bercampur tepung, harganya masih jauh di atas bakso ayam. Kadang penjual mensiasatinya dengan mencampur daging sapi dan ayam supaya harga produksi lebih murah.

Untuk rasanya, jelas nikmat dan membuat ketagihan. Kaldu sapi memang rasanya lebih kuat dan nendang. Belum lagi kuah yang ada gajih (lemak) yang pekat, ini membuat bakso sapi, meskipun mahal, tetap ramai pembeli.

3/ Bakso Ikan

Daging ikan memberikan rasa yang berbeda dibanding kedua daging sebelumnya. Walau ikan lebih populer diolah menjadi sajian otak-otak maupun pempek. Namun, bakso ikan punya cita rasa tersendiri. Biasanya warnanya lebih putih dengan tekstur bulat yang halus. Dagingnya gurih, kenyal, dan lembut sehingga lebih mudah dikunyah dibandingkan dengan bakso daging sapi.

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan tuna dan tenggiri. Namun di beberapa supermarket premium sudah mulai mempopulerkan bakso dari ikan salmon. warna jingga muda dengan tekstur daging sedikit berminyak yang menghasilkan kunyahan juicy . Walau sedikit mahal, akan tetapi layak untuk dicicip sebagai calon bakso favorit.

4/ Bakso Babi

Mendengar kata babi, mungkin ENDEUSiast kurang familiar. Namun, di restoran masakan cina, bakso babi menjadi santapan lezat yang tiada tara. Rasanya tidak kalah dengan bakso ayam maupun sapi. Biasanya selain disajikan berkuah, bakso babi juga terkenal digoreng. Meskipun dikonsumsi kalangan tertentu, bakso ini mudah ditemukan. Untuk menemukan bakso daging babi, ENDEUSiast bisa mencari di rumah makan chinese food yang tersebar di jalanan.

Itulah beda daging olahan yang digunakan dalam bakso. Semuanya memiliki kelebihan rasa dan keunikan masing masing. Bahkan dalam pembuatannya, akhir-akhir ini orang sering membuat kreasi unik seperti bakso setan, bakso beranak, bakso klenger, dan sebagainya. ENDEUSiast suka yang mana?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.