Bakso adalah makanan favorit banyak orang. Namun, bagaimana ya caranya membuat bakso yang enak?

Saat ini, bakso telah memiliki banyak variasi. Ada bakso yang terbuat dari sapi, ayam, ikan, bahkan udang. Tidak hanya terbuat dari daging hewan, bakso saat ini juga ada yang terbuat dari tempe dan juga tahu. Cara penyajiannya pun bermacam-macam. Ada bakso yang disajikan menggunakan kuah, ada yang dibakar, ada juga yang digeprek dengan sambal.

Meskipun begitu, bakso pada umumnya terbuat dari campuran daging, telur, tepung, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, dan garam. Bakso yang enak dinilai dari teksturnya yang kenyal. Selain itu, kelezatan bakso juga dilihat dari rasa dagingnya terasa. Hal inilah yang kemudian menjadi dilema dalam membuat bakso. Jika terlalu banyak daging, kekenyalan bakso akan berkurang. Jika terlalu banyak tepung, rasa dagingnya yang akan berkurang.

Banyak orang kemudian mencari cara untuk membuat bakso yang kenyal. Sempat beredar penjual bakso menambahkan boraks ke dalam adonannya. Hal ini adalahnya cara yang paling mudah dan murah untuk membuat bakso yang kenyal. Akan tetapi, boraks yang merupakan bahan pengawet itu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Ada beberapa cara untuk mengenali bakso yang mengandung boraks. Pertama, bakso yang terbuat dari boraks biasanya sangat kenyal. Kedua, bakso yang yang mengandung boraks tidak akan dihinggapi lalat meskipun diletakkan di tempat terbuka. Ketiga, warna yang dimiliki bakso boraks lebih putih dari bakso biasanya. Keempat, rasa daging bakso boraks tidak terlalu terasa. Aroma dagingnya pun tidak seperti aroma daging pada bakso biasa.

ENDEUSiast dapat membuat bakso sendiri untuk mengurangi resiko mengkonsumsi bakso boraks. Dengan membuat bakso sendiri, Anda dapat berkreasi dengan menambah isian sesuai selera seperti telur, keju, sosis, dan sebagainya. Bagaimana cara membuat bakso yang kenyal dan lezat? Endeus.tv sudah menyiapkan tips untuk membuat bakso sapi endeus yang bisa ENDEUSiast praktekkan di rumah.

Tips membuat bakso kenyal dan lezat

Pilih daging sapi bagian pundak . Bagian ini sangat baik untuk membuat bakso. GUnakan daging dan lemak dengan komposisi 80% dan 20%. Lemak berperan menghasilkan tekstur yang lembut dan cita rasa yang gurih.

Haluskan daging dengan food processor . Jangan gunakan blender karena blender bukan berfungsi untuk menghaluskan daging.

Perbandingan antara daging sapi giling dan tepung tapioka adalah 4:1 . Perbandingan ini dapat menghasilkan tekstur bakso yang pas. Campur adonan hingga rata.

Tambahkan es batu . Masukkan es batu dan bumbu ke dalam adonan yang telah tercampur rata. Es batu dapat membuat tekstur bakso lebih bagus. Es batu yang digunakan harus sudah diserut agar mudah menyatu dengan adonan.

Rendam bakso dalam air hangat. Masukkan bakso ke dalam air dengan suhu 700C selama kurang lebih lima menit. Usahakan air tetap hangat, jangan sampai mendidih karena akan mengubah tekstur bakso menjadi lembek.

Masukkan bakso ke dalam air es . Segera masukkan bakso ke dalam air es setelah matang. Air es akan menghentikan proses memasak pada bakso.

Itulah tips membuat bakso yang kenyal dan lezat. Jika bakso yang dibuat sudah jadi, ENDEUSiast bisa mencoba membuat Resep Bakso Goreng Sambel Korek . Sajian ini dijamin endeus dan nagih buat si pencinta rasa pedas!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.