Salad buah adalah salah satu menu sehat untuk bekal piknik. Berikut ini beberapa cara mengemas salad buah untuk bekal.

Bekal piknik tidak harus makanan siap saji. Salad buah bisa menjadi salah satu menu alternatif untuk bekal piknik yang sehat. Perpaduan rasa buah yang segar dan udara yang panas memang membuat salad buah adalah pilihan menu bekal yang paling cocok.

Agar Salad buah tetap nikmat ketika disajikan di tempat piknik, ENDEUSiast bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1/ Pilih Buah yang Tepat

Pilihan buah untuk salad buah piknik berbeda dengan salad buah pada umumnya. Agar salad buah tetap nikmat, sebaiknya hindari memilih buah yang bertekstur lembek. Misalnya kiwi, buah naga, dan sejenisnya karena mudah menjadi lembek ketika dibawa. Pilihlah buah yang sedang musim karena kualitasnya lebih baik dan segar.

2/ Perhatikan Susunan Buah

Salad buah memang umumnya disajikan dengan cara dicampur, namun untuk bekal sebaiknya perhatikan susunan buah. ENDEUSiast tidak perlu mencampur buah di dalam kotak bekal namun tata buah berdasarkan teksturnya.

Letakkan buah dengan tekstur keras pada bagian bawah kemudian di atasnya buah dengan tekstur yang lebih lembut. Penyusunan buah yang seperti ini mencegah buah dengan tekstur lembut menjadi hancur karena terhimpit buah yang bertekstur keras.

3/ Keringkan Buah Terlebih Dahulu

Semua buah mengandung air dan akan mengeluarkan air ketika sudah dipotong. Untuk mencegah salad menjadi terlalu basah atau berkuah, ENDEUSiast bisa mengeringkan buah terlebih dahulu sebelum dipotong-potong.

Buah yang masih basah ketika dikemas akan menyebabkan buah menjadi cepat layu dan salad menjadi tidak sedap. Keringkan buah terlebih dahulu dengan menggunakan tisu dapur sebelum dipotong-potong.

4/ Pisahkan Saus atau Dressing

Ketika mengemas salad jenis apapun termasuk salad buah, pastikan bila saus atau dressing salad dipisahkan. Jangan langsung mencampur salad dengan dressing karena air yang keluar dari buah bisa mempengaruhi rasa dari salad.

ENDEUSiast pasti tidak mau kan bila bekal salad buah menjadi salad berkuah karena dressing sudah bercampur dengan air dari buah. ENDEUSiast bisa membungkus saus dalam plastic atau kemasan khusus salad dressing. ENDEUSiast bisa mencampur salad dengan dressing ketika hendak disantap sehingga rasanya tetap segar dan tidak bercampur dengan air dari buah.

5/ Jangan Memotong Buah Terlalu Kecil

Salah satu kunci kelezatan salad buah untuk bekal adalah jangan memotong buang terlalu kecil. Memotong buah dengan ukuran terlalu kecil akan membuat buah cepat benyek dan tidak segar lagi ketika disantap. Potong buah dengan ukuran yang sama besar sehingga buah yang ukurannya kecil tidak terjepit dan menjadi layu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.