Salad buah dengan dressing mayones kerap dihindari bagi yang sedang diet. Untuk variasi saus yang lebih sehat, coba saja beberapa alternatif berikut.

Dressing begitu mempengaruhi rasa salad buah. Dengan menggunakan dressing, kita tidak hanya merasakan manis dan asam dari buah-buhan tetapi juga ada rasa gurih yang ditawarkan. Biasanya jika kita menyantap salad buah, dressing yang digunakan adalah mayonnaise. Apakah ENDEUSiast ingin mencari dressing dengan rasa yang berbeda?

Menyantap salad buah sebagai menu untuk program diet memang hal yang benar. Salad buah kaya akan vitamin dan mineral sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Salad buah juga mengenyangkan perut, cocok sekali dijadikan menu sarapan. Akan tetapi, tidak semua dressing salad itu sehat. ENDEUSiast tentu tidak mau kan kalau usahamu untuk menurunkan atau menjaga berat badan jadi percuma? Lalu, dressing apa saja yang sehat namun juga enak untuk salad buah?

1/ Minyak Zaitun atau Olive Oil

Dalam satu sendok minyak zaitun terkandung 12 gram lembak dan 130 gram kalori. Memakan semangkuk salad buah dengan dressing olive oil ini biasanya sekitar 350 kalori. Memang, kalori dari minyak zaitun ini cukup banyak, tetapi minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk pencernaan. Lemak tak jenuh berguna untuk mencerna dan menyerap gizi penting dalam buah-buahan yang kita sanntap. Tanpa bantuan olive oil ini, kandungan nutrisi dalam buah-buahan dalam salad yang kita santap tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Minyak zaitun tidak mengandung gula dan sodium yang berlebihan. Sedangkan dressing lain seperti mayonnaise dan Thousand Island mengandung kadar gula dan sodium yang berlebihan untuk meningkatkan cita rasa. Kelebihan kadar gula dan sodium dapat mengakibatkan obesitas, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

2/ Tahini

Tahini adalah saus tradisional yang biasa diyemukan di negara-negara di Timur Tengah. Saus ini biasanya disajikan untuk menemani hidangan seperti falafel, babaganoush, dan hummus. Walaupun terlihat creamy, Tahini ternyata tidak mengandung susu. Saus ini terbuat dari biji wijen yang dihancurkan. Tahini bisa menjadi bahan utama membuat dressing salad buah yang sempurna dan sehat. ENDEUSiast tinggal mencampurkan satu sendok air dengan dua sendok makan tahini agar lebih encer. Agar lebih sehat, tambhankan satu sendok perasan lemon segar. Dua sendok makan tahini mengandung 5 gram protein dan 3 gram serat. Tahini adalah saus yang rendah sodium dan mengandung kalsium, zat besi, thiamin, dan masih banyak mineral lain yang sehat untuk tubuh.

3/ Gucamole

Gucamole adalah saus tradisional dari Mexico yang berbahan dasar alpukat. Rasanya gurih dan asam. Gucamole baik digunakan untuk menjadi dressing salad karena mengandung lemak baik, serat yang banyak, Vitamin E dan K, magnesium, dan kalium. Dengan menggunakan dressing ini juga menjaga perutmu agar tetap kenyang dalam waktu yang lama. Cara membuatnya pun mudah. Gunakan setengah buah alpukat matang ditambah satu sendok makan cuka sair apel dan satu sendok perasan lemon.

Nah itu dia beberapa dressing salad buah yang sehat dan baik untuk tubuhmu. Selain salad, oats juga baik untuk menjaga berat badanmu. ENDEUSiast bisa mengkreasikan oats menjadi overnight oats dan pancake oats yang sudah pasti sehat. Semoga dietmu berhasil!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.