Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Salad sayuran sangat lezat dan sehat bila dibuat dari kombinasi sayuran yang tepat. Sayur apa saja yang bisa dibuat salad?

Sayuran merupakan makanan yang perlu kita konsumsi supaya tubuh kita tetap sehat. Saat ini sudah banyak olahan sayur yang dibuat bagi ENDEUSiast yang tidak suka dengan sayur. Salah satu olahan sayuran yang bisa ENDEUSiast coba adalah salad sayur.

Salad sayur merupakan makanan yang praktis dan mudah dibuat. Selain itu salad ini memiliki banyak kandungan gizi karena tidak melewati banyak proses sehingga sayuran tidak kehilangan kandungan gizinya.

Biasanya sayuran sering kehilangan gizinya karena proses pemasakan seperti direbus. Tidak semua sayuran cocok diolah menjadi salad. Berikut merupakan sayuran yang cocok untuk dijadikan salad sayur.

1/ Selada

Selada merupakan sayuran yang wajib ada dalam berbagai jenis salad sayur. Selada merupakan sayuran yang mudah ditemukan di pasar dan harganya terjangkau. Untuk menyajikan selada dalam salad sayur, ENDEUSiast cukup mencuci selada hingga bersih dengan air matang lalu mencabik-cabik nya atau memotongnya dengan potongan kasar atau dengan ukuran yang agak besar.

Jenis selada yang bisa kita gunakan untuk isian salad sayuran adalah iceberg lettuce , kale , romaine lettuce , dan green leaf . Selada green leaf merupakan selada yang paling banyak di jual di pasar tradisional maupun super market.

2/ Wortel

Wortel merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain digunakan untuk membuat sop, wortel bisa diolah menjadi salad sayur supaya ENDEUSiast bisa lebih suka memakannya. Beberapa makanan Jepang telah menyajikan menu salad bersamaan dengan nasi dan lauk misalnya pada hidangan bento. Wortel memiliki rasa manis sehingga cocok digunakan untuk isian salad.

3/ Buncis

Buncis memiliki warna hijau sehingga cocok untuk menambah kesegaran salad sayur. Cara menyajikan buncis pada salad sayur yaitu cuci bersih buncis lalu bersihkan seratnya. Cara membersihkan serat buncis yaitu potong ujung buncis namun jangan sampai putus lalu tarik serat buncis. Lakukan hal yang sama pada ujung buncis yang satunya. Setelah itu potong buncis secara memanjang lalu direbus sebentar. Setelah direbus, cuci kembali buncis menggunakan air matang dingin.

4/ Kentang

Salad sayur bisa digunakan sebagai pengganti makan malam namun dalam salad sayur tersebut harus terdapat kentang. Kentang memiliki kandungan karbohidrat sehingga dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Kentang juga cocok bagi ENDEUSiast yang sedang diet karena kentang dapat membuat ENDEUSiast kenyang lebih lama. Cara menyajikan kentang untuk salad sayur sangat mudah, yaitu cuci kentang hingga bersih lalu potong kentang dalam bentuk dadu . Setelah itu rebus kentang.

5/ Timun

Timun merupakan salah satu jenis sayuran buah yang banyak digunakan dalam salad. Cuci bersih timun, lalu potong atau serut kasar sesuai selera. Tekstur timun yang renyah dan kandungan air di daamnya membuat timun terasa sangat segar. Timun yang dapat digunakan untuk salad adalah timun lokal dan timun Jepang (Kyuri).

6/ Tomat

Kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi dalam tomat membuat sayuran buah yang satu ini sering ditambahkan ke dalam salad. Rasanya yang manis sedikit asam memperkaya cita rasa salad sayur. Tomat yang dapat digunakan untuk salad adalah tomat merah dan tomat ceri. Potong-potong tomat merah dan campurkan ke salad dalam keadaan segar. Untuk tomat ceri, karena bentuknya yang kecil, campurkan dalam keadaan utuh atau belah 2. Warna tomat yang merah cerah mempercantik penampilan salad, sehingga dapat menggugah selera.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.