Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Lanjutan cerita di balik hidangan natal legendaris

"

Masih banyak cerita bagaimana makanan cantik ini populer dan dikonsumsi untuk merayakan natal seperti pada artikel sebelumnya . Tambahan rangkuman singkat sejarah sajian natal legendaris berikut ini:

4. Pavlova

Kue meringue dengan taburan potongan buah segar ini dinamai dari seorang balerina tersohor Anna Pavlova . Anna berkunjung ke Australia dan New Zealand dalam rangka tur dunianya sekitar tahun 1920an. Uniknya adalah siapa yang terlebih dahulu membuat kue ini menjadi perdebatan sengit antara Australia dengan New Zealand. Menurut ulasan BBC pihak Australia mendokumentasikan bahwa Chef Bert Sachse dari Perth membuat resep pavlova pada 1935. Sementara data dari Oxford English Dictionary mencatat resep pavlova telah terbit di buku masak Davis Dainty Dishes di New Zealand pada 1927.

5. Dresdner Stollen

Pertama kali didokumentasikan tahun 1474 dalam buku peraturan rumah sakit St. Bartholomew di Kota Dresden Jerman. Dahulu hanya terbuat dari tepung, oats, minyak dan air, dan disantap saat puasa menyambut natal. Penggunaan mentega dan susu dilarang karena dianggap sebagai kenikmatan dunia. Sampai pada 1491 Paus Innocent VIII mengabulkan permintaan Pangeran Ernst, elector of Saxony dan saudaranya Pangeran Albrecht untuk mengizinkan penggunaan mentega dan susu. Namun untuk rakyat jelata yang ingin membuat kue ini dengan mentega atau bahan manis harus membayar denda untuk dana pembangunan gereja. Peraturan ini diikuti dengan festival Stollen, dimana para bakers akan memberikan stollen terbaiknya kepada bangsawan sebagai upeti yang akan dinikmati bersama saat natal. Kini kue Stollen dibuat dengan banyak variasi isi seperti buah kering atau kacang-kacangan.

6. Ginger Bread House

Dasarnya adalah roti jahe yang diolah dengan molase sebagai pengganti gula berbutir halus. Resep roti jahe tercatat sejak 2400 SM di Yunani, roti ini sangat populer di belahan eropa. Ratu Inggris Elizabeth I meminta kokinya untuk membuat roti tersebut berbentuk seperti orang atau dikenal gingerbreaad man. Roti jahe yang dibentuk menjadi rumah justru mulai populer pada 1812 di Jerman. Kisah dongeng Hansel & Gretel, kakak beradik yang disekap di rumah berbentuk kue oleh nenek sihir. Dongeng karya Grimm bersaudara ini menginspirasikan baker membuat rumah dari roti yang dihias dengan permen dan gula. Kini banyak festival dan lomba di beberapa negara saat natal, mengadu kreativitas orang untuk membuat rumah roti jahe seindah mungkin.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.