Sambal adalah salah satu makanan khas Indonesia yang harus selalu ada. Ngaku deh, banyak kan orang Indonesia yang tak bisa makan tanpa sambal?

Bagi orang Indonesia, makan belum nikmat bila tanpa sambal. Rasa pedas dari sambal memang mampu meningkatkan nafsu makan. Sehingga sambal hampir selalu ada dalam setiap acara besar ataupun untuk makan sehari-hari. Ada banyak jenis sambal yang ada di Indonesia. Bahkan setiap daerah mempunyai sambal khas sendiri-sendiri.

Selain meningkatkan nafsu makan, sambal juga membantu menyeimbangkan rasa makanan dengan memberikan rasa pedas. Berikut ini beberapa jenis sambal yang banyak dihidangkan saat hari besar maupun sehari-hari.

1/ Sambal goreng

Sambal goreng ini adalah salah satu jenis sambal yang hampir selalu ada ketika lebaran. Makanan ini menjadi pendamping opor yang bercitarasa gurih dan kental dari santan. Sambal goreng ini biasanya dibuat dari kentang dan ati ampela kemudian dimasak dengan bumbu pedas.

2/ Sambal krecek

Lain halnya dengan sambal goreng, sambal krecek ini biasanya ditemui bersama gudeg. Rasa gudeg yang legit dan manis akan seimbang dengan gurih dan pedas dari sambal krecek ini.

Sambal krecek ini dibuat dari rambak atau kulit sapi yang mempunyai tekstur lembut dan kenyal. Biasanya sambal krecek ini juga dicampur dengan tempe dan cabai utuh untuk menambah citarasa pedas.

3/ Balado

Sambal yang satu ini biasa ditemukan di hampir semua restoran padang. Ya, sambal balado ini memang berasal dari Padang dan biasanya disajikan bersama rendang. Sambal balado ini hanya menggunakan bumbu yang simpel yaitu bawang putih, bawang merah, cabai, daun jeruk, dan serai saja. Untuk isianya bisa berbeda-beda tergantung dengan selera seperti telur puyuh, jengkol , udang, dan sebagainya.

4/ Sambal terasi

Berbicara masalah sambal memang kurang lengkap bila tidak membahas sambal terasi. Sambal yang satu ini cocok dijadikan cocolan maupun sebagai pendamping nasi.

Ada dua jenis sambal terasi yaitu sambal matang dan mentah dengan rasa yang berbeda. Sambal terasi mentah mempunyai rasa pedas yang lebih keras, sedangkan sambal terasi matang rasa pedasnya lebih mild dengan cita rasa pedas yang khas.

5/ Sambal petai

Kalau sambal yang satu ini pasti menjadi idola banyak orang. Perpaduan sambal dan petai memang bisa membuat banyak orang lupa diet karena rasanya yang bikin nagih. ENDEUSiast bisa menggunakan bahan sambal dasar apa saja seperti sambal terasi atau sambal balado, kemudian tambahkan petai.

6/ Sambal ijo

Sambal ijo juga menjadi sambal ikonik dari rumah makan padang. Hampir semua rumah makan padang pasti menyadikan sambal ijo yang cocok dimakan dengan berbagai macam lauk. Membuat sambal ijo juga sangat mudah dengan bahan sederhana seperti bawang merah, bawang putih, tomat hijau, dan cabai hijau.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.