Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Beberapa jenis buah rupanya turut dipadukan dengan sambal untuk rasa yang pedas dan segar.

Biasanya buah dipadukan dengan saus manis atau makanan lain dengan rasa manis. Namun di Indonesia, buah juga banyak dipadukan dengan sambal. Buah yang dipadukan dengan sambal biasanya mempunyai rasa yang asam sehingga rasanya menjadi pedas dan asam yang segar. Berikut ini beberapa jenis sambal degan campuran buah yang menggoda selera.

Sambal Binjai

Sambal binjai adalah sambal yang dibuat dengan campuran buah binjai. Buah binjai adalah sejenis buah yang mirip dengan mangga namun dengan rasa manis dan asam yang segar. Perpaduan rasa buah binjai dengan pedasnya cabai pasti akan membuat ENDEUSiast nambah nasi lagi dan lagi. Membuat sambal binjai ini sangat mudah, yaitu cabai ditumbuh halus dan kemudian ditumis hingga matang. Baru setelah itu buah binjai ditambahkan dalam tumisan cabai.

Sambal Mangga

Sambal mangga adalah salah satu varian sambal buah yang sangat populer. Sambal ini bisa disajikan diwarung-warung lalapan. Mangga yang digunakan adalah mangga muda dnegan tekstur yang keras dan rasa yang asam. ENDEUSiast bisa menggunakan jenis mangga harum manis agar rasanya tidak terlalu asam. Untuk membuat sambal ini, mangga terlebih dahulu diserut halus dan kemudian dicampur dalam sambal yang pedas.

Sambal Embem

Sambal embem adalah salah satu jenis sambal buah yang terbuat dari buah embem. Sambal ini berasal dari Sumatera Selatan yang terbuat dari buah kweni. Buah kweni adalah buah yang masih satu keluarga dengan mangga namun dengan aroma yang lebih tajam. Membuat sambal embem hampir mirip dengan sambal mangga hanya saja tekstur buah kweni lebih lembek dibanding dengan mangga muda.

Sambal Honje

Sambal honje atau kecombrang adalah salah satu jenis sambal buah yang populer di Banten. Sambal yang satu ini mempunyai rasa segar karena semua bahan yang digunakan dalam keadaan mentah. Buah honje atau kecombrang merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan dalam kuliner Indonesia.

Sambal Durian

Kalau campuran buah untuk sambal mempunyai rasa yang asam, lain halnya dengan sambal durian ini. Rasa durian yang manis dan creamy ternyata juga bisa berpadu dengan gurih dan pedas sambal. Sambal durian ini dibagi menjadi dua yaitu sambal dengan durian fermentasi atau tempoyak dan sambal dengan durian segar.

Sambal Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memang terkenal dengan rasanya yang sangat asam. Namun ketika dipadukan dengan sambal rasa asamnya menjadi sangat segar dan nikmat. Sambal belimbing wuluh biasanya ditambahkan dengan udang goreng. Sambal ini juga dikenal dengan sambal ganja di Aceh yang pasti akan membuat ENDEUSiast ketagihan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.