Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kenali Masakan Sambal Khas Indonesia yang Bikin Nambah Nasi

Bagi orang Indonesia rasanya kurang lengkap bila makan tidak ada sambalnya. Sambal merupakan pelengkap untuk semua jenis makanan. Sekalipun rasanya yang pedas ternyata orang-orang tidak kapok untuk memakannya justru malah ada beberapa yang merasa ketagihan. Tahukah ENDEUSiast bahwa ada banyak sekali jenis masakan sambal khas Indonesia yang bikin ketagihan. Apa saja di antaranya?

1/ Sambal Ijo

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/24/01488599-4a28-4317-aeba-f781f51a42bc.jpg
Sambal Ijo. Foto: Shutterstock

Jenis masakan sambal yang satu ini rasanya hampir semua orang Indonesia mengetahuinya. Terutama bagi yang menyukai masakan padang. Ya, sambal ijo memiliki rasa yang tidak terlalu pedas sehingga sangat cocok dikonsumsi bersamaan dengan masakan padang yang kebanyakan menggunakan santan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ijo tidak banyak. ENDEUSiast hanya perlu menyiapkan cabai hijau, bawang putih, bawang merah, tomat hijau dan garam secukupnya. Lalu ulek hingga halus dan sambal hijau pun siap disantap dengan masakan padang atau makanan lainnya.

2/ Sambal Terasi

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/24/75aca325-7e64-453e-aefe-e2e9ae83666a.jpg
Sambal Terasi. Foto: Shutterstock

Jenis masakan sambal selanjutnya yang banyak dipilih oleh orang Indonesia adalah sambal terasi. Hampir semue orang Indonesia menyukai sambal terasi. Sekalipun baunya yang sedikit menyengat namun tidak ada rasa terganggu sama sekali dengan baunya. Justru semua orang bisa tergoda dengan aromanya yang menyengat serta rasa yang segar.

Ada 2 jenis sambal terasi yang bisa anda pilih, mau sambal terasi yang mentah atau matang. Sebenarnya tidak ada bedanya karena rasa dan aromanya tetaplah sambal terasi. Semua kembali ke selera masing-masing.

3/ Sambal Bawang

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/24/b245eef1-7a99-4a9c-9416-ba9db2da604c.jpg
Sambal Bawang. Foto: Shutterstock

Bisa dibilang sambal ini cukup klasik namun tetap saja sambal bawang menjadi favorit para pecinta sambal karena rasanya yang terbilang cukup pedas bila dibandingkan dengan sambal yang telah disebutkan sebelumnya. Ciri khas dari sambal ini adalah dengan menggunakan bawang merah dan putih sehingga rasanya bisa sangat pedas dan nikmat.

Bawang putih bisa memberikan rasa pedas yang kuat sedangkan bawang merah bisa memberikan aroma sambal sehingga menambah kesedapan dari sambal bawang ini. ENDEUSiast bisa juga menambahkan sambel bawang di menu makanan lain, selain nasi. Bila ENDEUSiast suka bereksperimen dengan makanan, jangan lupa untuk mencoba menu Spagheti Ayam Sambal Bawang ya.

Itulah beberapa jenis masakan sambal khas Indonesia yang bisa bikin nambah nasi. Semua sambal tersebut cocok disandingkan dengan lauk apa saja, tergantung selera. Cara mengolah sambalnya pun bisa diulek atau jika malas bisa menggunakan blender. Tapi disarankan untuk menggunakan ulekan karena citra rasa pedasnya lebih berasa dan nikmat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.