Aneka Minuman Tradisional Enak Berbahan Jahe
Aneka Minuman Tradisional Enak Berbahan Jahe

Aneka Minuman Tradisional Enak Berbahan Jahe

Minuman tradisional tidak kalah enak lho dengan minuman kekinian yang sedang viral

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang kerap digunakan dalam masakan. Rasanya yang agak pedas dan aroma khasnya bisa membantu menghilangkan bau amis pada masakan daging atau ikan. Selain itu jahe juga menambah cita rasa tersendiri untuk masakan.

Selain digunakan untuk masakan, jahe juga bisa digunakan untuk membuat minuman tradisional yang rasanya enak lho. Sudah enak, minuman-minuman tradisional dari bahan jahe sehat juga dikonsumsi. Mau tahu apa saja minuman tradisional yang dibuat dari bahan jahe? Berikut ini aneka minuman tradisional dari bahan jahe yang tidak kalah enak dengan minuman kekinian:

1/ Bir Pletok

Orang Betawi punya bir tradisional yang rasanya enak dan tentunya tidak memabukkan. Bir Pletok namanya. Minuman satu ini dibuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, secang, daun pENDEUSiastn, serai dan berbagai rempah-rempah lainnya. Untuk membuatnya, pertama-tama bakar dulu jahe, bersihkan kulitnya, memarkan dan iris-iris. Potong-potong daun pENDEUSiastn dan serai. Masukkan seluruh bahan rempah ke dalam panci berisi air dan masak hingga mendidih. Ini lho resep lengkapnya jika ENDEUSiast ingin membuat sendiri Bir Pletok di rumah.

2/ Bandrek

Orang Sunda juga punya minuman tradisional yang terbuat dari bahan jahe lho. Bandrek adalah salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari jahe, gula merah, cengkeh, kayu manis dan daun pENDEUSiastn. Seperti minuman tradisional lainnya, Bandrek juga dibuat dengan merebus seluruh bahan hingga mendidih. Mudah kan? Resep lengkapnya lihat di sini ya.

3/ Wedang Secang Susu

Wedang Secang adalah salah satu minuman tradisional khas Jawa. Minuman ini dibuat dari bahan rempah kayu secang. Ditambahkan dengan susu, Wedang Secang Susu bisa menjadi minuman menyehatkan dan tentunya endeus. Untuk membuatnya diperlukan jahe, secang, serai, daun pENDEUSiastn, gula pasir dan krim kental manis. Untuk cara membuatnya ENDEUSiast bisa melihat lebih lengkap di sini ya.

4/ Wedang Uwuh

Pada dasarnya wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Jadi wedang uwuh artinya wedang sampah. Apa benar minuman ini minuman sampah? Tentu saja tidak. Minuman ini dibuat dari berbagai macam rempah-rempah yang jika dikumpulkan bentuknya menyerupai sampah. Padahal tentu saja rempah-rempah ini sehat jika dikonsumsi. Bahan untuk membuat Wedang Uwuh yakni jahe, kayu manis, cengkeh, biji pala, serai, daun jeruk, daun pENDEUSiastn dan secang. Cara membuatnya bisa ENDEUSiast lihat di resep ini .

5/ Sekoteng

Kalau Sekoteng ini minuman tradisional khas Jawa Tengah. Untuk membuatnya ENDEUSiast perlu beraneka bahan, yakni jahe, serai, daun pENDEUSiastn, pacar cina, kolang kaling, kacang hijau rebus, kacang tanah sangrai, tangkue dan roti tawar. Banyak ya bahannya? Resep selengkapnya bisa ENDEUSiast lihat di sini .

Endeustorial

Ikuti Instagram