Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Donat, kue simple yang menjadi favorit banyak orang. Di Asia, juga banyak terdapat aneka kue donat unik. ENDEUSiast pernah coba yang mana saja?

Salah satu kue populer yang banyak disukai adalah donat. Kue ini pada dasarnya adalah adonan tepung yang dibentuk bulat dengan lubang ditengah yang digoreng. Meskipun donat secara umum adalah berbentuk bulat dengan lubang ditengah, namun di negara lain ada banyak jenis donat dengan bentuk yang unik. Kalau di Indonesia ada donat kentang dan donat pisang , berikut ini adalah beberapa kue donat unik dari negara-negara di Asia.

1/ Soya Milk Donut, Jepang

Di Jepang ada salah satu donat yang populer di daerah Kyoto. Soya Milk Donut atau donat yang terbuat dari susu kedelai adalah donat yang cukup populer di Jepang. Kue yang satu ini cocok untuk ENDEUSiast yang tidak terlalu suka manis. Selain itu, penggunaan susu kedelai membuat donat ini mempunyai tekstur yang lembut.

2/ Zulbia, Timur Tengah

Zulbia adalah salah satu kue yang terkenal di Timur Tengah, dikenal juga dengan nama zalabia atau Jalebi di India. Meskipun bentuk zulbia ini lebih mirip dengan pretzel, namun kue yang satu ini termasuk dalam kategori donat karena adonannya digoreng. Kue zulbia ini mempunyai rasa yang manis dengan tekstur renyah diluar dan lembut didalam. Sebelum disajikan, zulbia yang sudah digoreng direndam terlebih dahulu dalam sirup saffron sehingga rasanya lebih manis lagi dan teksturnya tetap bagus.

3/ Sufganiyah, Israel

Di Israel, ada salah satu kue yang juga digoreng dan dikenal sebagai sufganiyah. Kue donat yang satu ini berbentuk bulat menggelembung dan biasanya diisi dengan jelly. Bila dilihat sekilas, donat ini mirip dengan Bombolini di Italia namun dengan isian yang berbeda. Sebelum disajikan, sufganiyah ini ditaburi dengan gula halus. Dari segi rasa, tekstur, dan adonan, kue yang satu ini persis dengan donat.

4/ Sel Roti, Nepal

Dari Nepal, ada satu jenis kue donat yang populer. Sel Roti adalah sejenis donat dengan bentuk bulat, tapi tidak terlalu tebal. Kue yang satu ini bagian tengahnya lebih lebar, sehingga terlihat seperti gelang. Donat dari Nepal ini mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Sel roti biasanya disajikan ketika perayaan besar seperti festival Tihaar dan Dashain.

5/ Gulab Jamun, India

Gulab jamun adalah salah satu donat populer dari India, yang biasa disajikan saat pesta pernikahan. Donat India ini mempunyai warna kecoklatan dan bentuknya bulat sebesar bola pingpong. Disajikan dalam rendaman sirup gula beraroma mawar. Di India, gulab jamun biasa disajikan ketika dalam keadaan hangat.

6/ Kkwabegi, Korea

Di Korea Selatan ada juga olahan donat yang populer. Kkwabegi adalah nama dari donat dari Korea Selatan. Kalau donat pada umumnya berbentuk bulat dengan lubang ditengah, kkwabegi ini berbentuk kepang memanjang. Penyajian kkwabegi juga berbeda dengan donat karena kue yang satu ini ditaburi dengan gula pasir halus dan bubuk kayu manis.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.