Olahan ayam bakar memang tidak ada habisnya. Ada ayam bakar yang memiliki banyak aneka rasa yang menggugah selera.

Di Indonesia, ayam menjadi salah satu jenis bahan masakan yang cukup favorit. Bahan yang satu ini memang sangat cocok dimasak dengan hampir semua jenis bumbu khas nusantara. Mau dijadikan ayam goreng atau ayam bakar, keduanya sama-sama nikmat apalagi bila disantap dengan sepiring nasi hangat dan sambal.

Berbicara soal ayam bakar, makanan yang satu ini memiliki tekstur roasty pada bagian permukaan luarnya, yang menjadi sensasi tersendiri pada saat memakannya. Biasanya sebelum dimasak, ayam bakar akan diungkep terlebih dahulu agar bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Nah, tahukah ENDEUSiast bahwa ada banyak aneka ayam bakar yang bisa ENDEUSiast coba. Kira-kira apa saja? Mari lihat daftarnya di bawah ini.

1/ Ayam Bakar Madu

Olahan ayam bakar yang satu ini memiliki citra rasa yang manis. Banyak yang bilang bahwa rasanya seperti masakan western tetapi masih tetap bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. untuk membuat ayam bakar madu sangat mudah, ENDEUSiast hanya perlu menyiapkan saus madu untuk diolesi ke ayam ketika proses pemanggangan. Oleskan sedikit demi sedikit, lalu jangan lupa untuk membalik ayam agar matangnya merata dan terhindar dari gosong. Bagi ENDEUSiast yang tertarik untuk membuatnya, bisa melihat resep ayam bakar madu di sini.

2/ Ayam Bakar Padang

Kalau ENDEUSiast berkunjung ke rumah makan padang pasti akan menemukan hidangan yang satu ini. Ayam bakar yang satu ini menjadi pilihan orang Indonesia karena kaya akan bumbu. Bahkan ada yang bilang bahwa ayam bakar padang menjadi indikator dari lezatnya makanan di rumah makan padang tersebut. Sebelum ayam dibakar, ayam akan dimasak terlebih dahulu menggunakan bumbu kuning dan santan hingga mengental. Selain itu, terdapat tambahan lainnya seperti daun aromatik, asam kandis dan serai untuk memperkuat cita rasa ayam. Setelah itu barulah dibakar hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Ayam bakar padang pun siap untuk disajikan.

3/ Ayam Bakar Solo

Pindah ke area jawa, di Solo terdapat olahan ayam bakar yang disebut dengan ayam bakar Solo. Bagi ENDEUSiast yang suka dengan baceman, maka disarankan untuk mencoba ayam bakar yang satu ini. Ciri khas dari ayam bakar solo adalah penggunaan kecap dan air kelapa pada proses ungkep. Jadi akan menghasilkan ayam bakar dengan cita rasa yang manis dan gurih. Lebih nikmat lagi bila disantap dengan nasi hangat, tempe, tahu dan sambal bawang. Dijamin ENDEUSiast bakal ketagihan.

Semua aneka ayam bakar di atas bisa ENDEUSiast coba dirumah untuk disajikan bersama keluarga. Pada dasarnya proses bakarnya sama hanya saja perbedaanya terletak pada penggunaan bahan untuk ungkepnya. Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.