Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Membuat masakan enak tidak harus pakai MSG kok. Ini alternatif MSG sebagai penyedap rasa dalam masakanmu.

Pada masakan yang berkuah memang terkadang diperlukan sedikit bumbu tambahan seperti MSG untuk memperlezat rasa masakan. Namun, bukan berarti semua menyukai penggunaan MSG karena ada beberapa yang menganggap bahwa bumbu dapur tersebut tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh serta justru dapat merusak cita rasa dari makanan tersebut.

Setiap masakan tentu diperlukan bumbu untuk memberikan rasa, lalu bagaimana bila tidak menggunakan MSG? ENDEUSiast tentunya bisa menggunakan alternatif bumbu dapur lainnya yang bisa dengan mudah didapat di pasaran. Untuk lebih lengkapnya, mari kita lihat daftarnya di bawah ini.

1/ Kaldu

ENDEUSiast sering merebus daging, ayam, jamur atau udang? Manfaatkanlah kaldunya untuk dijadikan sebagai bumbu dapur alternatif pengganti MSG. Bahan olahan yang disebutkan tadi direbus hingga mendidih dan muncul buih di permukaan. Untuk mendapatkan kaldu yang berkualitas, ENDEUSiast harus membuang buih terlebih dahulu hingga bersih sampai air kaldunya berwarna bening. Setelah itu, saring buihnya dan masukkan dalam wadah tertutup seperti toples, lalu masukkan ke freezer agar tahan lama.

Jadi sewaktu-waktu membutuhkan bumbu dapur kaldu, ENDEUSiast bisa langsung mengambilnya dari kulkas, lebih praktis dan simple. Salah satu contoh masakan yang menggunakan kuah kaldu adalah bakso urat kuah kaldu .

2/ Gula Pasir

Terkadang gula pasir juga dibutuhkan dalam masakan. Seperti misalnya pada masakan yang bersantan. Cara penggunaannya, cukup dengan menambahkan gula pasir secukupnya ke dalam masakan. Untuk menghasilkan cita rasa yang gurih, campurkan gula pasir dengan garam. Perpaduan antara rasa manis gula dan asin dari garam ini bisa membuat masakan jadi lebih gurih, dengan catatan takaran gulanya tepat. Untuk memastikannya bisa ENDEUSiast cicipi sedikit pada sedang masak. Bila bukan termasuk masakan manis maka jangan menambahkan gula pasir berlebihan karena tentu rasanya akan lebih dominan manis.

3/ Bawang putih

Pengganti bumbu MSG lainnya ada bawang putih. Rasanya setiap masakan pasti selalu disertakan bawang putih. Ya, memang bawang putih sejak dahulu sudah terkenal bisa memberikan rasa yang lezat pada masakan.

Ada 2 pilihan cara untuk menggunakan bawang putih, pertama bisa dicampurkan dalam kondisi masih segar namun sebelum dicampurkan dalam masakan, ENDEUSiast harus mengiris atau mencincang halus. Jika ingin praktis lagi maka bisa manfaatkanlah bubuk bawang putih. ENDEUSiast tidak perlu repot untuk mengolahnya karena bisa langsung dimasukkan ke dalam masakan. Bubuk bawang putih juga bisa menciptakan rasa gurih pada masakan.

Itulah informasi terkait bumbu dapur pengganti MSG yang bisa ENDEUSiast gunakan, semoga dapat bermanfaat untuk memasak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.