Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Talenan sering kali berbau tidak sedap setelah digunakan untuk memotong daging dan bawang. ENDEUSiast dapat mengatasinya dengan cara yang mudah.

Memotong bawang dengan talenan baik itu talenan plastik, bambu atau kayu , terkadang membuat talenan menjadi bau karena bawang meninggalkan bekas. Bawang merupakan rempah-rempah yang sering digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan mulai dari membuat sambal, nasi goreng dan sebagainya. Sebelum digunakan untuk memasak pastinya bawang dipotong terlebih dahulu.

Selain bawang, bahan makanan yang sering dipotong adalah daging, baik daging ikan, ayam, atau sapi. Daging memiliki nilai protein yang tinggi dan memiliki cita rasa yang enak sehingga sering dimasak untuk menjadi lauk. Sebelum dimasak tentunya daging dipotong terlebih dahulu. Memotong daging menggunakan talenan dapat menyebabkan talenan berbau amis.

Jika ENDEUSiast memiliki jumlah talenan yang banyak mungkin hal tersebut tidak akan bermasalah karena ENDEUSiast bisa menggunakan talenan yang berbeda untuk memotong berbagai jenis makanan. Akan tetapi jika ENDEUSiast hanya memiliki satu talenan untuk digunakan memotong berbagai jenis makanan maka hal tersebut merupakan masalah bagi ENDEUSiast. Berikut ini merupakan cara agar talenan tidak berbau amis atau memiliki aroma bawang.

1/ Langsung mencuci talenan setelah menggunakannya

Setelah selesai memotong suatu bahan sebaiknya segera cuci talenan, untuk menghilangkan bau dan mengurangi bakteri yang menempel pada sisa goresan pisau atau permukaan talenan. Saat mencuci talenan sebaiknya juga menggunakan sabun, cairan kimia sabun dapat menghilangkan bau dan membunuh bakteri.

2/ Membilas talenan menggunakan air hangat

Setelah mencuci talenan sebaiknya ENDEUSiast membilas talenan menggunakan air hangat. Air hangat dapat menghilangkan bau tidak sedap pada talenan. Selain itu, suhu yang hangat juga dapat membunuh berbagai kuman dan bakteri.

3/ Mengoleskan cuka

Cuka mengandung asam asetas yang berfungsi untuk mensterilkan talenan dan mencegah beragam bakteri. Bakteri yang sering berada di talenan adalah Salmonella dan E.coli. Jika dibiarkan berkembang, bakteri tersebut dapat memberikan dampak yang buruk bagi tubuh seperti diare. Cuka dipercaya dapat membunuh kedua bakteri itu.

Cara cuka untuk membersihkan talenan adalah taruh cuka pada kain yang bersih kemudian kain digunakan untuk mengelap talenan. Cuka memiliki aroma yang menyengat sehingga bau amis dan bau bawang pada talenan dapat hilang.

4/ Menggosok talenan dengan lemon

Lemon memiliki bau jeruk yang khas sehingga banyak sabun pembersih yang menggunakan bahan dasar lemon. Menggosok talenan menggunakan lemon dipercaya dapat menghilangkan bau karena lemon mengandung asam sitrat.

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan bau yaitu gosok seluruh sisi talenan menggunakan lemon, lalu tepuk-tepuk hingga kering menggunakan tisu. Setelah kering simpan talenan ke rak. Sebaiknya ENDEUSiast memiliki talenan lebih dari satu sehingga jika talenan sedang dibersihkan, ENDEUSiast bisa tetap memotong bahan menggunakan talenan yang lain.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.