Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Perayaan pembukaan gerai baru dari Acaraki membawa rekor MURI.

Acaraki merupakan kafe jamu yang memiliki beberapa teknik dalam pengolahan jamunya. Kini ada berita baru dari mereka.

Beberapa waktu lalu saya sempat mengunjungi kedai jamu Acaraki di daerah Kota Tua yang merupakan gerai pertama mereka. Saya bertemu dengan Jony Yuwono, Founder Acaraki, dan berbicara panjang lebar mengenai kafe Acaraki itu sendiri, sejarah jamu ditemukan, hingga perkembangan jamu di Indonesia. Tulisan saya mengenai hal tersebut bisa dilihat di sini .

Kemarin saya diundang oleh Acaraki dengan membawa kabar terbaru. Mereka baru aja membuka gerai terbarunya di Kemang. Yang menarik lagi, bukan cuma acara pembukaan seperti pada umumnya, tapi juga ada pencatatan rekor MURI untuk kedai jamu tersebut.

Bukan cuma satu, tapi ada dua pencatatan rekor MURI yang diraih oleh kedai jamu yang meracik jamunya menggunakan teknik-teknik seperti pada kopi ini. Kelebihan ini lah yang membuat kafe dengan membawa misi jamu new wave mencatatkan rekor MURI.

Kedua rekor tersebut adalah:

1. Kedai jamu yang menyediakan teknik penyeduhan terbanyak

2. Jamu pertama dengan berbagai macam teknik penyeduhan

https://kurio-img.kurioapps.com/19/11/18/914fc72c-370a-40a2-aeb4-6ab3109494b2.jpg

Total, terdapat ada delapan metode penyeduhan jamu yang bisa kita temui di Acaraki. Antara lain adalah v60, Rokpresso, Flairesso, French Press, Aeropress, Syphon, Mokapot, dan yang terakhir adalah Cold Drip.

Sebelum acara pembukaan dimulai, terdapat penyambutan khas dari Betawi yang disebut dengan palang pintu. Setelahnya dilakukan kata sambutan oleh Jony, kemudian Melki Laka Lena S.Si., Apt. selaku wakil ketua komisi IX DPR RI, dan Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP selaku kepala badan POM RI.

Melki mengatakan bahwa dirinya di Komisi IX DPR RI, ke depannya akan meningkatkan obat-obat tradisional seperti jamu. Ia juga membandingkan negara-negara maju yang mengedepankan mengenai kesehatan.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/11/18/ab611c19-87a2-4fff-8d62-0464cfafc2e8.jpg

“Negara maju seperti Korea dan Jepang itu bisa maju karena kesehatannya yang diutamakan,” ujarnya. Diusulkan juga agar kedai jamu Acaraki bisa buka di gedung DPR agar para wakil rakyat bisa terus sehat karena minum jamu.

Di kesempatan yang sama, Penny membahas mengenai lifestyle jamu yang bisa masuk ke kaum milenial. Jadi di segi ini mau diperkuat lagi agar menjadi lebih banyak digemari khususnya di kalangan anak muda.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/11/18/9de964a7-696d-4e02-8798-68fa1b913db0.jpg

Penny juga mengaku sering minum jamu sejak umur belasan. Karena alasan ini ia mengaku bisa kuat seperti sekarang, menjadi kepala Badan POM RI.

Acaraki sendiri adalah sebuah kafe jamu yang ditujukan untuk kaum muda. Dengan berbagai teknik dan campuran bahan yang udah nggak asing lagi bagi anak muda, diharapkan bisa membuka pintu bagi anak muda untuk minum jamu dan melestarikan minuman tradisional Indonesia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.