8 Buah Kesukaan Nabi yang Cocok untuk Berbuka Puasa
8 Buah Kesukaan Nabi yang Cocok untuk Berbuka Puasa

8 Buah Kesukaan Nabi yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Dapatkan berbagai manfaat yang berlimpah dengan menyantap buah kesukaan Nabi yang cocok untuk berbuka puasa. Enak dan tentunya sehat.

Buah kesukaan Nabi yang cocok untuk berbuka puasa kerap dicari saat bulan Ramadan.

Hal ini dikarenakan kita sebagai umat muslim berusaha untuk meneladani semua amalan-amalan baik yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Tidak hanya dari ibadahnya saja tetapi untuk pemilihan makanan makanan favorit Nabi Muhammad SAW juga bisa dijadikan sebagai referensi dan teladan yang baik dalam menjalankan ibadah puasa.

Apalagi semua pilihan makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Maka dari itu, di bulan yang penuh berkah ini ENDEUSiast bisa meniru kebiasaan Nabi Muhammad SAW dengan mengonsumsi semua buah yang disukainya.

Makanan kesukaan Nabi lebih didominasi oleh buah-buahan. Terbukti memang buah-buahan memiliki banyak sumber vitamin dan nutrisi yang cocok disantap untuk berbuka puasa.

Berikut di bawah ini aneka pilihan buah kesukaan Nabi yang cocok untuk berbuka puasa.

1/ Kurma

Semua orang pasti tahu bahwa kurma sudah menjadi buah andalan untuk disantap saat berbuka puasa. Buah satu ini menjadi buah kesukaan Nabi yang cocok untuk berbuka puasa.

Tidak hanya puasa wajib, puasa sunnah sekalipun dianjurkan untuk makan kurma. Nabi Muhammmad selalu makan 3 butir kurma pada saat berbuka puasa.

Rasa manis alami dari buah kurma sangat memanjakan lidah. Selain itu, terdapat juga kandungan serat yang tinggi dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan selama berpuasa.

Ketika puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan energi apapun sehingga bisa menyebabkan rasa lemas ketika beraktivitas.

Nah, dengan memakan kurma yang memiliki andungan gula alami di dalamnya bisa menjadi sumber energi ENDEUSiast setelah berpuasa seharian.

ENDEUSiast bisa mengonsumsi langsung atau diolah menjadi sajian yang unik. Jika mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, maka kurma bisa dinikmati dengan merendamnya dalam air putih.

Namun, tidak disarankan untuk terlalu banyak mengonsumsi buah kurma karena kandungan kalorinya sangat tinggi.

Baca Juga: Resep Susu Kurma yang Manis dan Sehat Bernutrisi

2/ Buah Zaitun

Buah zaitun juga merupakan buah kesukaan Nabi yang cocok untuk berbuka puasa. Buah yang satu ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobati segala macam penyakit.

Dalam suatu hadist dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi).

Jika melihat dari hadist di atas maka sudah dipastikan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah zaitun terutama pada saat bulan puasa karena di dalamnya buah tersebut mengandung banyak khasiat dan berkah yang bisa kita dapatkan.

3/ Buah Tin

Buah tin memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk mencegah berbagai penyakit seperti sembelit, melancarkan pencernaan, memperkuat tulang hingga mencegah kanker.

ENDEUSiast bisa membeli buah tin ini di swalayan atau toko buah sekitar rumah.

Buah tin bisa dikatakan sebagai buah paling istimewa karena namanya dijadikan sebagai nama surah pada Al-Quran yaitu surah At-Tin.

Buah istimewa ini menjadi kesukaan nabi Muhammad yang dijelaskan dalam hadist riwayat Abu Darda, Nabi Muhammad pernah diberi satu wadah buah tin lalu beliau berkata "Makanlah! Jika engkau berkata, ada buah yang diturunkan dari surga, maka aku bisa katakan, Inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji. Oleh karena itu, makanlah,"

4/ Buah Labu

Perlu ENDEUSiast ketahui bahwa di dalam buah labu terkandung sekitar 97% air sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk berbuka puasa sebagai penghilang dahaga setelah seharian berpuasa.

Di Indonesia, buah labu justru banyak diolah menjadi santapan takjil seperti kolak karena memiliki teksur daging yang lembut.

Buah yang memiliki ciri khas kulitnya yang berwarna orange ini ternyata menjadi buah kesukaan Nabi Muhammad.

Alasannya karena buah labu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti mengobati asma, menjaga kesehatan paru-paru, meningkatkan energi hingga menjaga stabilitas tekanan darah.

Dijelaskan oleh Muhammad bin Basyar dari Muhammad bin Ja'far yang diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Mahdi.

Keduanya menerima dari Syu'bah dari Qatabah yang sumbernya berasal dari Anas bin Malik r.a. Beliau menyebutkan bahwa Nabi SAW menggemari buah labu.

Maka (pada suatu hari) beliau diberi makanan itu atau diundang untuk makan makanan itu (labu).

Aku pun mengikutinya, maka makanan itu (labu) kuletakkan dihadapannya, karena aku tahu beliau menggemarinya."

Baca Juga: Resep Kue Lumpur Labu Kuning

5/ Buah Delima

Dalam surah sura Ar-Rahman ayat 86 yang artinya, "di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima."

Inilah yang membuat buah delima menjadi sangat istimewa dan disukai oleh Nabi Muhammad SAW.

Buah yang masuk dalam daftar jenis buah surga ini sebaiknya dikonsumsi bersama dengan kulitnya agar bisa mendapatkan khasiat yang berlimpah.

Baca Juga: Resep Es Jeruk Delima yang Segar untuk Buka Puasa

6/ Buah Anggur

Siapa sih yang tidak suka anggur? Buah kesukaan Nabi yang cocok untuk berbuka puasa ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan sehingga baik dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah anggur dapat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dalam menjalankan ibadah puasa.

Kombinasi antara rasa manis dan asam ini justru sangat disukai oleh orang banyak. Kandungan air serta gula alami pada anggur bisa menjadi sumber energi tubuh.

Dijelaskan dalam surat Ar-Rad ayat 4 bahwa kebun anggur dan kebun kurma yang punya buah dengan rasa nikmat.

Itu artinya memang buah anggur memiliki rasa yang nikmat dengan segudang khasiat.

ENDEUSiast bisa mengonsumsi buah anggur dengan langsung atau bisa dijadikan sebagai isian dari salad buah tropis .

Baca Juga: Resep Papaya Grape Yoghurt Bowl

7/ Buah Semangka

Siapa sangka jika semangga merupakan salah satu buah keukaan Nabi yang cocok untuk berbuka puasa?

Kesegaran dan rasa manis dari buah semangka memang tidak ada yang bisa menolaknya, apalagi bila disajikan saat berbuka puasa.

Buah yang memiliki kandungan air berlimpah ini menjadi salah satu kesukaan nabi Muhammad SAW.

Bahkan dalam hadist yang bersumber dari Abul Abbad Al-Mustaghfiri di dalam kitab Thibbun Nabi dijelaskan semangka memiliki khasiat luar biasa untuk wanita yang sedang hamil agar bisa menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan dalam sifat.

Selain itu, dalam riwayat Aisyah disebutkan "Sesungguhnya Rasulullah sering makan semangka dan ruthab (kurma muda)."

Jadi, tidak hanya lezat dan menyegarkan, buah semangka juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Resep Salad Semangka Yoghurt

8/ Buah Melon

Sama halnya dengan semangka, buah melon juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa dikonsumsi pada saat berbuka puasa untuk menghilangkan rasa haus.

Selain itu, melon memiliki manfaat yang bagus untuk membantu mengobati masalah perut setelah berbuka puasa.

Kebiasaan Nabi Muhammad SAW adalah menyantap buah melon bersama dengan kurma.

Sesuai dalam hadits At-Tirmidzi disebut Rasulullah SAW bersabda: "Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin."

Nah, itulah buah kesukaan Nabi yang cocok untuk berbuka puasa.

Dari sekarang mulailah membeli semua jenis buah-buahan di atas agar bisa disantap dengan nikmat ketika berbuka puasa.

Selain sehat, ENDEUSiast juga bisa meraih pahala jika diniatkan dengan mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Resep Es Blewah Melon yang Super Segar

Dina Syahrani Vionetta