Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Butuh cara memasak yang cepat, padat, yang singkat? Untuk kamu yang memiliki banyak aktivitas, simak tips berikut ya!

Memasak rata-rata membutuhkan waktu lama karena kegiatannya meliputi mengupas, memotong, baru dimasak di atas api. Untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi maka memasak akan menghabiskan waktu sehingga banyak yang lebih memilih membeli di luar. Namun sebenarnya ada trik agar ajang mengolah makanan menjadi tak terlalu lama dan lebih banyak waktu untuk mengerjakan kegiatan lain.

1/ Buat Menu Untuk Seminggu

Menjadwalkan menu untuk seminggu bisa membuatmu lebih hemat waktu. Kamu tidak perlu bolak balik buku resep atau bingung mencari masakan apa yang harus dibuat hari ini. Jika perlu buat juga selama sebulan.

2/ Pilih Menu Simple dan Praktis

Coba memasak menu yang simple dan praktis sehingga waktu yang dibutuhkan lebih sedikit. Misalnya saja menu dengan telur dan sup. Namun tentunya memasak menu yang sama jangan setiap hari atau terlalu sering, bisa-bisa yang menikmatinya akan bosan.

3/ Menyiapkan Bahan untuk Seminggu

Cara ini cukup ampuh karena kamu tidak harus bolak-balik ke warung atau toko untuk membeli bahan masakan. Apalagi jika sudah ada menu yang terjadwal dan ingin kamu masak. Untuk bahannya bisa mulai dari yang paling sering digunakan seperti bumbu rempah: bawang merah, bawang putih, merica, lada, laos, kunyit, cabai, dan lainnya

4/ Bersihkan Bahan dan Simpan

Untuk daging-dagingan seperti ikan dan sapi, sebaiknya langsung dicuci, dipotong , dan disimpan setelah berbelanja. Untuk sayur, simpan dalam kulkas dengan dibungkus plastik, ini akan mencegah sayur mudah layu. Intinya, bersihkan dan simpan segera ya!

5/ Haluskan Bumbu dengan Blender

Menghaluskan bumbu dengan lebih cepat bisa menggunakan blender dibandingkan cobek. Selain menghemat waktu, menggunakan blender juga menghemat tenaga. Bahkan jika mau, blender dalam jumlah besar dan bumbu disimpan dalam toples yang kemudian ditaruh di kulkas. Pakai blender khusus untuk bumbu masak ya, jangan untuk jus.

6/ Pakai Panci Bertekanan

Panci presto bisa digunakan untuk memasak daging yang lebih empuk dan cepat, bisa juga digunakan untuk memasak pepes ikan agar tulang ikan tetap bisa dimakan. Memasak daging ini bisa dilakukan dalam jumlah besar dan kemudian dapat disimpan dalam kulkas dalam wadah tertutup untuk diolah lain hari asal belum diberi bumbu macam-macam. Ayam baru sebaiknya diungkep atau direbus dengan bumbu.

7/ Dahulukan Masak Bahan yang Lama Matang

Memasak bahan yang lama matang lebih dulu akan membuat kamu memiliki waktu untuk melakukan hal lain seperti mencuci, menyapu, atau menulis di laptop sambil menunggu masakan matang. Jangan lupakan untuk memperhatikan kualitas makanan yang disimpan di kulkas ya! Meskipun kulkas membuat kamu bisa menyimpan bahan untuk waktu lama, bahan bisa jadi layu atau busuk tanpa diduga.

Itulah tips agar kegiatan memasak jauh lebih efisien, cepat, dan singkat. Kegiatan selanjutnya jadi punya porsi waktu lebih banyak pula. Untuk kamu yang mobilitasnya padat, gunakan tips ini ya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.