Hidangan semur padat bumbu dengan kuah kaldu gurih memang sulit ditolak. Namun, sebelum membuat semur,pilih potongan daging yang tepat yuk.

Pernah mencoba memasak semur daging? Wah lezat ya, namun apakah semua bagian dagingnya empuk? Mungkin saat ENDEUSiast menggigit daging, ada bagian yang empuk dan ada bagian yang masih keras. Mengapa? Karena di dalam semur daging tersebut potongan dagingnya berbeda beda, sehingga tingkat kematangannya pun tidak merata. Lalu apa saja potongan daging?

Fillet

Potongan fillet dilakukan dengan memotong daging berlawanan arah dengan serat daging, sehingga didapatkan tekstur yang lembut. Sebelum memotong, letakkan daging di atas talenan, lalu hilangkan serat yang menempel dan selaput kasar pada daging. Selanjutnya potong daging dengan arah menyamping berlawanan dengan arah serat dagingnya. Setelah itu, olah daging fillet menjadi Semur Daging , Empal Daging Sapi , dan Pangsit Isi Daging

Cubes

Cubes sendiri adalah potongan daging berbentuk dadu yang biasanya diambil dari bagian rump, shin, short rib, hingga topside. Untuk mendapatkan potongan cubes sendiri, siapkan pisau yang tajam dan potong daging dengan ukuran 3x3 cm. Setelah itu, daging bisa diolah menjadi sup atau soto.

Chop

Chop sendiri seringkali disebut sebagai daging cincang yang kasar. Untuk mendapatkan potongan chop, ambil bagian daging dan tulang yang cukup empuk, lalu siapkan pisau cincang berukuran kecil dan potong hingga bentuknya tak beraturan. Tidak disarankan menggunakan potongan daging ini untuk semur daging, karena potongan daging cincang biasanya digunakan untuk saus pasta atau abon.

Mince

Jika chop sendiri adalah cincang kasar, maka mince adalah daging cincang yang lebih halus. Perbedaannya, daging mince didapatkan dengan menggunakan gilingan mesin. Biasanya daging mince ini banyak sekali didapatkan di supermarket. Jika ENDEUSiast ingin membuat semur bola daging, inilah pilihan daging yang tepat, karena ENDEUSiast bisa membuat bola dagingnya dengan daging jenis ini.

Slice

Pecinta kuliner Jepang tentu tak asing dengan potongan yang satu ini dimana daging akan diiris super tipis melebar atau memanjang. Untuk mendapatkan potongan ini, dibutuhkan daging bagian rump, cube roll, strip loin, dan sebagainya. Biasanya digunakan untuk yakiniku dan sukiyaki.

Cutlet

Potongan cullet sepintas memiliki potongan yang hampir sama dengan fillet, namun tujuannya adalah untuk memperpendek serat daging, sehingga lebih lumah. Bagian kaki atau iga akan dibuang tulangnya, lalu iris tipis daging dengan ketebalan 1- 2 cm. Biasanya masakan Jepang tak pernah absen menggunakan potongan daging ini.

Goujons dan Rolled

Goujons sendiri adalah potongan daging dengan besar se ibu jari. Goujons biasanya dapat ditemukan dalam hidangan Perancis. Goujons dibuat menggunakan bagian sirloin. Dengan daging ini, ENDEUSiast dapat memasak steak, tumis daging, atau hidangan ala Perancis.

Rolled sendiri merupakan daging iris tipis yang digulung. Biasanya akan digunakan bagian sirloin dan fore rib.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.