Bapak Proklamator kita ini sangat giat menyebarkan rasa nasionalisme dalam kesehariannya. Salah satunya tercermin dalam santapannya. Apa saja ya?

Sebagai presiden pertama Republik Indonesia yang akrab disapa Bung Karno adalah sosok yang merakyat. Menggemari makanan sederhana yang biasanya dikonsumsi menggunakan tangan tanpa sendok maupun garpu. Lalu apa saja masakan Indonesia favorit beliau?

1/ Ikan Asin dan Sambal Terasi

Jangankan Bung Karno, nampaknya masyarakat Indonesia pun tak akan menolak jika diberikan menu ini. Apalagi jika menggunakan nasi yang masih panas. Sosok Bung Karno lebih suka mengkonsumsi sambal langsung dari cobeknya tanpa dipindah ke piring. Hayo, kalau ENDEUSiast tim yang mana? Tim sambal di atas piring atau di atas cobek sama seperti Bung Karno?

2/ Nasi Jagung

Ini sih sarapan favoritnya Bung Karno. Nasi jagung sendiri paling enak dikonsumsi bersama sayur, singkong, dan ikan asin. Wahh ngiler deh. Menurut Bung Karno nasi jagung sendiri lambang ketahanan pangan.

3/ Sate

Selain rasanya yang lezat, sate ternyata juga merupakan makanan yang sangat istimewa bagi Bung Karno. Bahkan, saking istimewanya, sate inilah makanan yang dikonsumsi sesaat setelah beliau mengumandangkan proklamasi.

4/ Sayur Lodeh

Mungkin saja ENDEUSiast tak asing dengan sayur yang satu ini. Ya memang sayur ini adalah sayur dengan kuah santan yang sangat digemari oleh Bung Karno. Saking favoritnya. Bung Karno bahkan tak ragu untuk mengajak tamu kenegaraan mencicipi sajian favoritnya.

5/ Rawon

Rawon memiliki citarasa yang sangat lezat. Nggak heran jika hidangan ini dulunya selalu disajikan dalam acara kenegaraan. Inilah yang membuat Bung Karno menjadi salah satu pecinta rawon yang super enak ini. Resep Rawon biasanya diolah menggunakan daging sapi atau kambing, sehingga memiliki rasa yang gurih dari kaldunya.

6/ Bagar Hiu

Bagar Hiu salah satu masakan khas Indonesia yang menemani Bung Karno saat diasingkan ke Bengkulu. Wah! bersejarah ya. Masakan ini sebenarnya merupakan makanan yang menyerupai daging rendang dengan kuah berwarna cokelat, namun dagingnya diganti menggunakan daging Ikan Hiu. Hanya saja masakan ini tidak boleh diolah lagi karena Ikan Hiu yang sudah dilindungi dan terancam punah.

Itulah beberapa hidangan yang menjadi favorit Bung Karno. ENDEUSiast tim yang mana ni?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.