Masakan Indonesia terkenal dengan citarasa yang gurih dan pedas. Berikut ini beberapa masakan Indonesia yang paling pedas.

Berbicara tentang masakan Indonesia, pasti yang terfikir adalah makanan yang pedas dan gurih. Memang masakan Indonesia identic dengan dua rasa tersebut. Selain itu, masyarakat Indonesia memang lebih menyukai masakan dengan citarasa yang pedas. Tidak heran bila banyak warung hingga restoran yang menyajikan makanan pedas untuk memanjakan lidah pecinta kuliner.

Selain makanan-makanan yang sudah dimodifikasi menjadi makanan pedas, berikut ini beberapa makanan Indonesia yang memang asli mempunyai citarasa pedas. Apakah salah satunya favorit ENDEUSiast?

1/ Oseng-Oseng Mercon

Mercon dalam bahasa Jawa adalah petasan, namun oseng-oseng mercon bukanlah masakan berisi petasan. Masakan ini adalah sebutan untuk oseng-oseng atau tumisan yang rasanya sangat pedas. Oseng mercon biasa dijumpai di Jogjakarta dan menjadi salah satu kuliner khas daerah tersebut.

Disebut oseng mercon ini karena jumlah perbandingan bahan utama dan cabai tidak rasional. Bayangkan bila dalam 500 gram tetelan sapi, cabai yang digunakan hingga 250 gram atau separuhnya. Kebayangkan gimana mulesnya setelah makan oseng mercon ini?

2/ Seblak

Seblak adalah salah satu kuliner yang terkenal dengan citarasa pedas. Makanan asli Bandung ini dibuat dari kerupuk yang dimasak dengan beberapa tambahan lain. Meskipun terkenal pedas, namun seblak biasanya dijual dengan sistem level sehingga ENDEUSiast bisa memilih tingkat kepedasan sesuai selera. Seblak paling pedas yang terkenal adalah seblak jeletet yang mempunyai kuah sangat merah.

3/ Balado

Beralih ke Sumatera, ada kuliner pedas yang disukai banyak orang yaitu balado. Balado adalah salah satu masakan pedas dari Minangkabau dengan bumbu campuran cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan sebagainya. Bahan utama untuk balado bisa bervariasi seperti udang, jengkol, kentang, dan sebagainya. Saking populernya balado, tidak sedikit bila bumbu pedas ini juga dijadikan bumbu untuk keripik dan snack lain.

4/ Pempek Palembang

Makanan khas Palembang ini memang berbahan dasar ikan. Namun penyajiannya tidak lengkap tanpa cuko atau kuah asam. Saus cuko ini dibuat dari rebusan gula merah, cuka, dan cabai rawit. Sehingga tidak heran bila pempek mempunyai rasa yang pedas karena penggunaan kuah cuko ini. Selain pedas, rasa pempek juga asam dan manis segar.

5/ Mie Aceh

Masih dari Sumatera, tapi kali ini adalah salah satu masakan yang dikenal sebagai mie Aceh. Kuliner mie yang satu ini mempunyai kuah merah dengan menggunakan mie yang besar dan tebal. Mie aceh ini biasanya juga menggunakan bahan tambahan seperti kambing, daging sapi, udang, cumi, hingga kepiting. Mie Aceh ini memang dikenal sebagai salah satu kuliner dengan rasa pedas menggigit.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.